Ragam Hias Motif Batik Indramayu

0 95

Ragam Hias Motif Batik Indramayu

Ciri  khas Batik Indramayu adalah langgam flora dan fauna yang diungkap secara datar, banyak bentuk lengkung, dan garis yang meruncing (ririan), berlatar putih, warna gelap, dan banyak titik yang dibuat dengan teknik complongan jarum, serta bentuk isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku. Faktor yang mempengaruhi munculnya rancangan ragam hias batik yang kemudian menjadi ciri khas yaitu letak geografis, sifat, dan tata kehidupan daerah, kepercayaan serta adat istiadat, keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna dan hubungan antar daerah pembatikan. Latar belakang kehidupan nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas batik Indramayu. Para pembatik banyak mengambil tema alam di sekitarnya, kemudian dituangkan menjadi bentuk ragam hias di atas kain.

Unsur pokok seni rupa pada batik Indramayu lebih ditentukan oleh garis dan titik, warna, bidang, dan tekstur. Kemudian unsur-unsur seni tersebut harus disusun membentuk motif disain sehingga mampu memberikan cita rasa keindahan secara harmonis dan utuh. Pada perkembangannya, kini lebih bergaya bebas, tidak mempunyai ikatan, corak abstraknya dilakukan dengan memakai canting dan kuas, dan warna beraneka ragam, serta diberikan dengan teknik mencelup dan mencolet. Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru.

Batik yang semula terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional, kini mengalami perubahan fungsi batik. Motif-motif yang digunakan sudah merupakan hasil dari kreasi baru mendekati pada motif abstrak yang merupakan peralihan tradisional dan modern. Tidak banyaknya makna simbolis pada ragam hias batik Indramayu, disebabkan para pembatik lebih cenderung menganggap membatik selayaknya melukis tanpa maksud apapun selain tertarik pada keindahan semata, kemudian batik sebagai komoditi ekonomi yang dibuat berdasarkan selera konsumen dan tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Source http://blogsauted.blogspot.co.id/
Comments
Loading...