Ragam Hias Batik Semarangan

0 238

Ragam Hias Batik Semarangan

Ciri khas yang terdapat pada Batik Semarang 16 adalah motif dan ragam hias yang mengambil artefak dan kekhasan Kota Semarang. Ini tentu saja melalui proses yang panjang, termasuk di dalamnya pendapat dan komentar minor soal keberadaan batik yang bisa disebut khas Semarang.

Sebelumnya, sering muncul pertanyaan: adakah yang bisa disebut Batik Semarang? Kalau ada, apa ciri khasnya? Ragam hias seperti apa yang bisa langsung jadi titik pengenal suatu batik disebut batik Semarang. Yang tanya seperti itu tak hanya orang dari luar Semarang, tapi juga orang dari dalam Kota Semarang sendiri. “Setiap mengadakan pelatihan dan pameran, saya selalu ditanya apa benar ada batik Semarangan? Ya, orang-orang tentu sudah mengenal batik Solo, Yogya, Pekalongan, atau Lasem. Tapi saya terus saja berkreasi dengan memunculkan ragam hias yang saya ambil baik dari artefak di Kota Semarang maupun kekhasan lain dari kota itu,’’ tandas Umi pemilik Sanggar Batik Semarang 16. Dalam suasana keragu-raguan mengenai identitas batik Semarang, Batik Semarang 16 terus berkreasi menghasilkan batik-batik yang khas.

Sebagai identitas batik gaya Semarangan, di antara ratusan motif, 11 di antaranya telah diakui dan dipatenkannya di HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Kesebelas motif itu menampilkan artefak Semarang sebagai ragam hiasnya, antara lain Lawang Sewu Ngawang, Ceng Ho neng Klenteng, Asem Arang (bervarian tiga motif), Gambang Semarangan, Tugu Muda Kekiteran Sulur, dan Blekok Srondol.

Source http://www.kombinasi.net/ http://www.kombinasi.net/identitas-kota-pada-batik-semarang-16/
Comments
Loading...