Ragam Hias Batik Romo Gendhong

0 38

Ragam Hias Batik Romo Gendhong

Batik Rifa’iyah terlihat indah dengan perpaduan motif bunga-bunga dan tumbuhan. Batik asli Kabupaten Batang tidak kalah kualitasnya dengan Batik dari Kota Pekalongan yang sudah mendunia. Batik Rifa’iyah memang memegang syariat Islam, motif yang digambar pada kain tidak melanggar syariat. Batik Rifa’iyah menghindari unsur-unsur motif binatang atau manusia. Kalaupun motif tersebut digunakan maka digambarkan secara tidak utuh. Misalnya, dengan hanya menggambarkan sayapnya atau membuat guratan di lehernya, sehingga mengesankan gambar hewan yang disembelih.

Penggambaran juga dilakukan dengan menggayakan anggota tubuh tertentu dari mahluk hidup yang digambarkan. Misalnya, mengganti kaki burung dengan ranting atau cabang pohon, kepala ayam dengan bunga, atau ekor burung dengan juntaian dedaunan yang panjang. Cara-cara itu merupakan penerapan ajaran Islam yang melarang penggambaran mahluk hidup seperti bentuk aslinya. Salah satu ragam hias Batik Rifa’iyah adalah Batik Romo Gendhong.

 

 

Ragam hias Batik Romo Gendhong menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Motif Romo Gendhong memiliki lataran yang berbentuk ukel bunga yang kemudian diteruskan dengan motif yang sama diatasnya dan saling terkait.
  • Ragam hias utama motif ini adalah ragam hias sawud, srek dan wuni-wunian.
  • Motif ini termasuk golongan Motif Batik Buketan penggambaran bentuk tumbuhan yang diduga tumbuhan mlinjo. Stilasi Floral dari tumbuhan mlinjo tersebut terdiri dari berbagai macam daun dan bunga.
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tga-negeri-rifaiyah-part-1/ https://fitinline.com/article/read/batik-rifaiyah/
Comments
Loading...