Ragam Hias Batik Kluwungan

0 81

Ragam Hias Batik Kluwungan

Batik Rifa’iyah memiliki nilai estetis sangat tinggi, walaupun dalam penggambarannya tidak semua obyek dapat menjadi ragam motif. Menurut ajaran Islam, ragam hias yang boleh dipakai dalam komunitas ini diyakini tidak menimbulkan syirik bagi pembuat maupun pemakainya.

Hampir seluruh motif tidak menggambarkan bentuk makhluk yang hidup (manusia, binatang), kalaupun ada (binatang) dapat dipastikan bentuknya tidak sempurna atau hanya menyerupai saja. Batik Rifa’iyah diyakini oleh komunitas ini sebagai pakaian yang sah untuk beribadah, sholat maupun mengaji. Ragam hias yang terdapat dalam Batik Rifa’iyah yaitu komposisi warnanya terdiri dari minimal 3 warna. Pada umumnya Batik Motif Kluwungan dipakai oleh seorang anak yang tidak mempunyai saudara (kakak atau adik), dipakai untuk sunat. Motif Kluwungan hampir oleh seluruh daerah batik pesisir.

Namun menurut kepercayaan masyarakat Rifa’iyah ragam hias Batik Kluwungan dipakai untuk anak yang kakak dan adiknya meninggal dunia dengan harapan untuk pemakai batik ini adalah selalu teringat kepada kedua saudaranya yang sudah meninggal dan mendoakannya kepada Allah.

Ragam hias Batik Kluwungan menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Motif Batik Kluwungan termasuk batik geometrik, bentuknya merupakan repetisi Motif Ceplok yang berdiameter 15 cm, berisi daun dan bunga. Batik Kluwungan bagi pengrajin Rifa’iyah tidak berpatokan pada warna tertentu, yang paling penting motif lingkarannya saja. 
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-2/ http://pasarbatikpkl.blogspot.co.id/2013/04/contoh-motif-batik-tiga-negeri.html
Comments
Loading...