Ragam Hias Batik Kawung Jenggot

0 271

Ragam Hias Batik Kawung Jenggot

Batik Rifa’iyah menjadi sebuah lambang status sosial dan dipakai masyarakat Rifa’iyah berdasarkan pertimbangan nilai moral dan kesopanan. Sehingga batik menjadi pengenal masyarakat Rifa’iyah, selain itu lewat jarik atau sarung dapat mempererat tali persaudaraan, sekalipun berbeda daerah dan tidak saling kenal. Ragam hias yang terdapat dalam Batik Rifa’iyah yaitu komposisi warnanya terdiri dari minimal 3 warna, corak binatang tidak menggambarkan binatang secara utuh untuk menghindari gambar-gambar mahluk hidup, bertujuan menghindarkan syirik bagi pembuat atau bagi si pemakainya.

Ragam hias Batik Kawung Jenggot menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Ragam hias Kawung termasuk ke dalam golongan motif ceplok, dimana bentuk bulat lonjong atau elips yang tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu kesatuan motif geometrik yang sederhana.
  • Motif ini dinamakan Motif Kawung Jenggot, karena bentuk kawung pada bagian sudut motif dipenuhi garis kecil-kecil yang menurut mereka persis seperti jenggot manusia.
  • Ragam hias kawung pada batik Islam Rifa’iyah dikenal dengan bentuk; Kawung Jenggot, Kawung Dollar atau Kawung Endhog.
  • Ragam hias utama Motif Kawung Jenggot ini sama persis dengan Motif Gemblong Sairis yaitu stilasi burung merak dengan kepala yang dipotong atau dipelintir dan stilasi jenis tanaman anggrek tanah dengan daun panjang menjuntai dan bentuk bunga anggrek yang sederhana.
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-2/ http://pasarbatikpkl.blogspot.co.id/2013/04/contoh-motif-batik-tiga-negeri.html
Comments
Loading...