Ragam Hias Batik Kawung Dollar

0 357

Ragam Hias Batik Kawung Dollar

Batik “Tiga Negeri” juga sering disebut Batik Rifa’iyah basik teknisnya berasal dari Solo dan Jogja, namun bentuk serta warna Pekalongan begitu kental Motif Batik Rifa’iyah yang berfungsi sebagai penolak bala, yaitu batik Kluwungan. Batik ini dibuat khusus untuk anak yang diapit dua saudara (kakak dan adik) yang telah meninggal dunia. Dengan memiliki batik kluwungan ini diharapkan anak tersebut tidak terkena sawan gila.

Motif Batik Rifa’iyah tidak ada bedanya dengan batik pesisir terutama batik Pekalongan. Beberapa motif, pola dan warna juga diketahui mirip dengan batik Pekalongan yang banyak terpengaruh oleh kebudayaan asing seperti Cina, Belanda, dan Arab.

Pembatik sangat jarang menggambarkan bentuk-bentuk mahluk hidup. Pelukisan mahluk hidup mengalami pen-distorsi-an, misalnya burung kakinya berubah menjadi cabang atau ranting pohon. Ada juga penggambaran bentuk cacing atau ular yang kedua matanya digambarkan terlihat keluar, seperti gambar wayang beber. Salah satu ragam hias pada Batik Tiga Negeri adalah Ragam Hias Batik Kawung Dollar.

Ragam hias batik, Kawung Dollar menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Tergolong motif ceplok yang tersusun dari bentuk bentuk bulat lonjong, atau elips, dengan susunan memanjang menurut garis diagonal miring ke kiri atau ke kanan secara berselang-seling.
  • Dinamakan ragam hias Kawung Dolar karena bentuk tanahan berupa lingkaran warna coklat muda yang mirip dengan bentuk uang logam tampak atas, disusun teratur memenuhi permukaan kain sekaligus menjadi ragam hias tanahan, yang diatasnya terdapat stilasi bentuk tanaman secara melingkar.

Ragam hias ini tersusun dari ragam hias pokok berupa stilasi flora; tanaman bunga sepatu dan ragam hias isiannya adalah sisik, sawud, tutul dengkeng, grandil, wuni-wunian dan Fauna.

Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-2/ http://pasarbatikpkl.blogspot.co.id/2013/04/contoh-motif-batik-tiga-negeri.html
Comments
Loading...