Ragam Hias Batik Kasumedangan

0 413

Ragam Hias Batik Kasumedangan

Kota Sumedang yang berada di Provinsi Jawa Barat juga memiliki sumber daya manusia yang cukup unggul di bidangnya masing-masing. Awalnya, Sumedang bukanlah daerah yang memiliki tradisi membatik. Seiring dengan perkembangan dan pertautan budaya, serta kreatifitas warganya maka munculah batik di Sumedang pada pertengahan tahun 90-an. Namun pada tahun 2004, usaha Batik Sumedang mulai mengalami penyusutan dan juga kerugian. Terutama setelah populernya tekstil bercorak batik. Masuknya tekstil bercorak batik mengubah konstelasi batik kesumedangan pun hilang dari pasaran.

Sekarang ini memang sedikit sulit untuk menemukan Batik Sumedang karena pengrajinnya sudah semakin jarang ditemukan. Batik khas Sumedang yang digali dari warisan budaya yang hidup di Sumedang menjadi ciri dari batik khas Sumedang. Batik Sumedang juga disebut sebagai Batik Kasumedangan.

Ragam hias di dalam Batik Kasumedangan mendapat pengaruh dari Yogya, Solo, Cirebon dan daerah lainnya. Ragam khiasnya memiliki kekhususan, yakni mengacu pada konsisi sosial-ekonomi, geografis dan budaya masyarakat Sumedang itu sendiri. Ragam hias batik Kasumedangan terispirasi dari benda bersejarah dan kondisi lingkungan setempat. Adapun motif-motif batik khas Sumedang seperti Motif Lingga, Daun Boled, Hanjuang, Klowongan Tahu, Mahkota (Siger) Binokasih, Motif Kuda Renggong, Pintu Srimangganti, dan lain sebagainya. Semua motif tersebut terinspirasi dari sejarah kerajaan yang pernah ada di Sumedang, Geusan Ulun.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-sumedang/
Comments
Loading...