Ragam Hias Batik Jeruk Noi

0 247

Ragam hias Batik Jeruk Noi

Batik Rifaiyah merupakan desain batik khas yang berasal dari Kabupaten Batang, yang berkembang karena mengadopsi ajaran ulama setempat. Salah satu cirinya adalah menampilkan mozaik binatang yang tidak tergambarkan secara utuh. Dalam batik Rifaiyah terdapat pengaruh kuat dari ajaran Islam yang diajarkan oleh guru besar umat Rifaiyah, KH. Ahmad Rifai melewati kitab karyanya, Tarajumah. Salah satu ajarannya ini melarang penggambaran makhluk hidup selain tumbuh-tumbuhan (flora) yang menyesatkan aqidah, kecuali yang sudah mati atau yang sudah terpotong.

Bila ada gambar hewan yang masih hidup maka hukumnya haram untuk dipakai sebagai pakaian. Ajaran ini menjadi dasar dan ciri utama bagi ragam hias / motif-motif Batik Rifaiyah terkesan ‘floral’. Meskipun pada motif-motif batik rifaiyah terdapat bentuk-bentuk bagian hewan (fauna) namun dalam keadaan yang sudah tidak utuh lagi sebagai hewan (makhluk hidup) karena sudah dipotong-potong dan disamarkan menjadi berkesan floral. Salah satu ragam hias pada Batik Rifa’iyah adalah Ragam Hias Batik Jeruk Noi.

 

Ragam hias Batik Jeruk Noi menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Motif Batik Jeruk Noi merupakan motif asli dari Kalipucang Wetan yang konon merupakan buah karya salah satu pembatik Kalipucang Wetan.
  • Stilasi tanaman jeruk dari Batang, daun dan bunganya dibuat sangat mirip dengan ragam hias pada batik Lasem yang terpengaruh oleh batik dari keturunan Cina di Lasem.
  • Perulangan bentuk stilasi tumbuhan pada motif ini terlihat sangat jelas sehingga memebuhi bidang kain.
  • Kelompok ragam hias tumbuh-tumbuhan tanpa ragam hias binatang.
  • Ragam hias isian sederhana, namun tetap memiliki nilai seni tinggi seperti isian bentuk grandil, cecek dan tutul denkeng.
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-3/ http://www.mbatang.com/2016/11/foto-motif-batik-rifaiyah.html
Comments
Loading...