Ragam Hias Batik Ila-Ili

0 67

Ragam Hias Batik Ila-Ili

Batik Rifa’iyah merupakan batik yang dibuat dengan mendapatkan pengaruh Islam yang sangat kuat. Perkembangan batik yang banyak terjadi di daerah santri membuat pengaruh Islam turut mewarnai perkembangan batik. Dan tak heran jika batik juga merupakan media perjuangan muslim dan dakwah di bumi pertiwi ini. Wujud pengaruh kuat Islam dalam seni batik salah satunya dapat ditemukan pada batik Rifa’iyah.

Pemberian nama “Rifa’iyah” diambil dari nama tarekat yang didirikan oleh KH Ahmad Rifa’i. Komunitas Rifa’iyah muncul di Kalisalak, Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada kisaran tahun 1850. Kemunculan dan perkembangan batik Rifa’iyah dipengaruhi oleh budaya pesisir, adapula yang menyebutnya dengan sebutan batik tiga negeri. Karena Batik Rifa’iyah basic teknisnya berasal dari Solo dan Jogja, namun bentuk serta warna Pekalongan begitu kental.

Ragam hias Batik Ila-Ili terbentuk dari tanahan yang mirip dengan tanahan ragam hias Gemblong Sairis, yaitu ragam hias geometrik dengan bentuk belah ketupat dengan pembatasnya berlekuk-lekuk yang tersusun rapi berjajar menyamping (berbanjar), dirangkai dari garis yang saling silang membentuk motif geometrik belah ketupat yang di atasnya terdapat motif utama yaitu motif flora.

Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-rifaiyah/
Comments
Loading...