Ragam Hias Batik Gendhakan

0 40

Ragam Hias Batik Gendhakan

Ragam hias yang terdapat dalam Batik Rifa’iyah yaitu komposisi warnanya terdiri dari minimal 3 warna, corak binatang tidak menggambarkan binatang secara utuh untuk menghindari gambar-gambar mahluk hidup, bertujuan menghindarkan syirik bagi pembuat atau pemakainya. Mereka diingatkan untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangaN-Nya.

Ragam hias Batik Gendhakan ini disebut juga ragam hias Batik Pohon Kehidupan. Hal ini dikarenakan menggambarkan pepohonan yang tinggi, besar, banyak cabang sehingga bermanfaat bagi sesama makhluk hidup. Kata Pohon Kehidupan ini bersumber dari hasil perbincangan Miftakhutin dengan salah satu pembeli Batik Tiga Negeri dari India.

Ragam hias Batik Gendhakan menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Dahulu digunakan sebagai motif pagi-sore, banyak diminati oleh remaja putri sebagai motif kain panjang pada saat itu dan digunakan sebagai hantaran pengantin.
  • Menggambarkan kehidupan masyarakat Rifa’iyah yang ada di daerah pedalaman dan masih terdapat banyak tumbuhan/ pepohonan yang tinggi besar dan banyak cabang.
  • Kebanyakan terdapat pada kain panjang dan jarik.
  • Gambarnya merupakan tilasi dari keseluruhan pohon beringin, dimana cabangnya digambarkan besar-besar untuk menggambarkan kekuatan dan kekokohan pohon Ringin Runggat, dan beberapa bentuk burung.
  • Tanahan putih polos dan mempunyai isian yang bermacam-macam seperti kembang tiba, kepyur, cacah gori dan pitek mabur.
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-2/
Comments
Loading...