Ragam Hias Batik Gemblong Sairis

0 162

Ragam Hias Batik Gemblong Sairis

Batik Rifaiyah berasal dari Desa Kalipucang yang termasuk kedalam wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Proses pembuatanya yang dilakukan di dalam dapur dengan membuat bolongan dari atap genteng. Tujuanya agar cahaya dari atas memantul ke bahan sehingga memantulkan warna kain juga kualitasnya.

Batik Rifaiyah memiliki beberapa pakem atau aturan. Yang utama adalah corak batiknya tidak boleh menggambarkan binatang dan mahluk hidup. Corak ini biasanya disamarkan atau dipadu dengan corak tumbuhan, daun, atau bunga. Cara pemakaiannya juga disarankan dengan dililit tradisional tanpa peniti dan tanpa digunting.

Ragam hias Batik Gemblong Sairis menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Ragam hias Gemblong Sairis termasuk kelompok ragam hias geometrik dengan bentuk belah ketupat yang tersusun rapi berjajar menyamping (berbanjar).
  • Bentuk ini terangkai dari garis yang saling-silang membentuk motif geometrik belah ketupat yang diatasnya terdapat motif utama yaitu stilasi hewan dan tumbuhan, serta didalam belah ketupatnya diisi dengan isen-isen, tutul dengkeng, watu pecah, uruni-urunian dan semarangan.
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tga-negeri-rifaiyah-part-1/ http://www.mbatang.com/2016/11/asal-usul-batik-rifaiyah-kalipucang.html
Comments
Loading...