Ragam Hias Batik Banji

0 154

Ragam Hias Batik Banji

Kemunculan dan perkembangan Batik Rifa’iyah dipengaruhi oleh budaya pesisir. Disebut pula sebagai Batik “Tiga Negeri” karena Batik Rifa’iyah basik teknisnya berasal dari Solo dan Jogja, namun bentuk serta warna Pekalongan begitu kental. Batik Rifa’iyah menjadi sebuah lambang status sosial dan dipakai masyarakat Rifa’iyah berdasarkan pertimbangan nilai moral dan kesopanan. Sehingga batik menjadi pengenal masyarakat Rifa’iyah, selain itu lewat jarik atau sarung dapat mempererat tali persaudaraan, sekalipun berbeda daerah dan tidak saling kenal.

Ragam hias yang terdapat dalam Batik Rifa’iyah yaitu komposisi warnanya terdiri dari minimal 3 warna, corak binatang tidak menggambarkan binatang secara utuh untuk menghindari gambar-gambar mahluk hidup, bertujuan menghindarkan syirik bagi pembuat atau pemakainya. Mereka diingatkan untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangaN-Nya. Salah satu ragam hias yang terdapat dalam Batik Tiga Ngeri Rifaiyah adalah Ragam Hias Batik Banji.

Ragam hias Batik Banji menurut Soekma Yeni Astuti (2006) yaitu :

  • Ragam hias Banji merupakan ragam hias geometris dari pola dasar swastika dan ragam hias yang tertua.
  • Sebagian pembatik Kalipucang Wetan mengatakan bahwa Motif Banji ini adalah penggambaran dari tingkatan pemerintahan dalam sebuah negara, hal ini dapat terlihat pada gradasi ragam hias geometrik bentuk kotak-kotak yang seolah berpusat pada sebuah bentuk lingkaran dan terasa saling melindungi. Tingkatan dalam pemerintahan yang dimaksud adalah wujud dari tingkatan pemerintahan kecil, mulai dari pemerintahan setingkat desa sampai pada pemerintahan terbesar yaitu negara atau kerajaan.
  • Stilasi bentuk tanaman merambat yang menurut Maezah adalah tanaman kangkung, secara detail dapat terlihat pada ragam hias tumbuhan kecil-kecil yang tergambar di dalam bentuk kotak.
  • Beberapa ragam hias tanahan dan isian seperti krokotan, gradil, cecek telu dan semarangan sangat mendukung adanya ragam hias tumbuhan kangkung.
  • Ragam hias hewan capung dan kumbang juga tampak menambah keunikan Motif Banji.
Source https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/ https://sanggarbatikkalipucangwetan.wordpress.com/2013/08/25/ragam-hias-batik-tiga-negeri-rifaiyah-part-2/ https://fitinline.com/article/read/batik-rifaiyah/
Comments
Loading...