Ragam Hias Batik Amarlyllis Motif Tiga Bambu

0 300

Ragam Hias Batik Amarlyllis Motif Tiga Bambu

Ketenaran bunga amarlyllis menjadi sumber inspirasi bagi seorang pemuda setempat bernama Hanafi. Ia mendesain batik  motif amarylis yang merupakan bunga khas Pathuk Gunungkidul. Akhirnya, bunga amarylis yang kemudian diberi nama Puspa Pathuk atau Puspat tersebut diangkat menjadi sebuah motif batik.  Pembuatan batik amarylis masih bekerja sama dengan perajin dari kecamatan lain mengingat masyarakat di Kecamatan Pathuk belum terampil membatik.

Untuk itu, pemerintah Kecamatan Pathuk bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi guna memberikan pelatihan membatik kepada masyarakat setempat sehingga kelak masyarakat Pathuk bisa terampil membatik. Batik amarylis merupakan salah satu produk unggulan dari Desa Salam Kecamatan Pathuk Gunungkidul.

Salah satu ragam hias yang terdapat dalam Batik Amarlyllis adalah Motif Tiga Bambu. Motif ini menggambarkan tiga hal yaitu awal-tengah-akhir. Belajar dari kehidupan pohon bambu dimulai dari tunas, kemudian tumbuh menjadi pohon dan akhirnya mati. Demikian juga manusia juga mengalami tahapan kehidupan seperti itu yakni lahir kemudian menjadi dewasa dan akhirnya meninggal dunia. Muara dari kehidupan adalah mati karena tidak ada yang abadi di dunia ini.

Source http://jogjatv.tv/ http://jogjatv.tv/bunga-amaryllis-jadi-motif-batik-khas-pathuk-gunungkidul/
Comments
Loading...