Ragam Hias Batik Amarlyllis Motif Tanaman Sirih

0 146

Ragam Hias Batik Amarlyllis Motif Tanaman Sirih

Motif batik bisa tercipta dari bermacam-macam inspirasi. Kekayaan alam sekitar maupun peristiwa tertentu bisa menjadi sumber inspirasi bagi penciptaan motif batik. Motif Batik Amaryllis contohnya. Desain motif batik amarylis terinspirasi dari keindahan hamparan bunga amarylis yang tumbuh subur di Kecamatan Pathuk Gunungkidul. Pembuatan Batik Amarylis masih bekerja sama dengan perajin dari kecamatan lain mengingat masyarakat di Kecamatan Pathuk belum terampil membatik. Pemerintah Kecamatan Pathuk bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi guna memberikan pelatihan membatik kepada masyarakat setempat sehingga kelak masyarakat Pathuk bisa terampil membatik. Batik Amarylis kemudian dilaunching pada bulan Agustus 2016.

Salah satu ragam hias pada Batik Amarlyllis adalah Motif Tanaman Sirih. Daun sirih dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga manusia sudah semestinya bisa berguna bagi kehidupan bagi lingkungan sekitarnya.

Batik Amarylis dibuat dengan menggunakan teknik cap kombinasi tulis. Sedangkan untuk warnanya menggunakan pewarna sintetis dan pewarna alami. Warna yang tersedia untuk batik amarylis cukup beragam yakni ada sekitar 20 warna, seperti kuning, coklat, hijau, biru dan lain-lain.

Source http://jogjatv.tv/ http://jogjatv.tv/bunga-amaryllis-jadi-motif-batik-khas-pathuk-gunungkidul/
Comments
Loading...