Ragam Hias Batik Amarlyllis Motif Rebung

0 143

Ragam Hias Batik Amarlyllis Motif Rebung

Motif batik bisa tercipta dari bermacam inspirasi. Kekayaan alam sekitar maupun peristiwa tertentu bisa menjadi sumber inspirasi bagi penciptaan motif batik. Motif batik amaryllis contohnya. Desain motif batik amarylis terinspirasi dari keindahan hamparan bunga amarylis yang tumbuh subur di Kecamatan Pathuk Gunungkidul.

Bunga amarylis yang biasa disebut brambang procot oleh warga Pathuk ini awalnya hanya dianggap sebagai gulma sehingga harus dilenyapkan. Pada awalnya keberadaan bunga amarylis hanya dianggap sebagai gulma oleh masyarakat petani setempat. Kemudian pada tahun 2015 bunga amaryllis menjadi booming setelah foto bunga tersebut diunggah di media sosial.

Salah satu raham hias yang terdapat dalam Batik Amarlyllis adalah Motif Rebung.  Motif Rebung atau yang biasa disebut tunas bambu menggambarkan proses kehidupan. Tunas melambangkan proses awal kehidupan. Sebelum menjadi besar semuanya dimulai dari yang kecil dulu atau tunas. Selanjutnya saat berada di titik yang tinggi atau besar jangan sampai lupa pada hal yang kecil atau darimana kita berasal.

Source http://jogjatv.tv/ http://jogjatv.tv/bunga-amaryllis-jadi-motif-batik-khas-pathuk-gunungkidul/
Comments
Loading...