Ragam Corak Batik Batang

0 50

Ragam Corak Batik Batang

Belum banyak yang mengetahui bahwa kain batik khas dari daerah Batang ini memiliki pola yang unik. Di daerah batang ini terdapat masyarakat Islam Rifaiyah yang juga memiliki batik yang unik. Batik yang dibuat oleh masyarakat ini memiliki kandungan pesan dan juga makna yang dalam untuk mereka yang memakainya. Pesan tersebut adalah mengingat kan kepada umat manusia untuk patuh terhadap Allah dan selalu melakukan apa yang menjadi perintah dan menjauhi larangan Nya.

Motif batik Rifaiyah ini kemunculan nya dan juga perkembangannya sangat dipengaruhi oleh budaya masyarakat pesisir. Selain itu motif batik ini juga dikenal dengan nama batik tiga negeri karena dasar teknik yang dipengaruhi oleh kota Solo dan juga Jogja, serta memiliki pengaruh warna Pekalongan yang sangat kuat. Batik yang di buat di daerah ini pada awalnya adalah busana yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan sandang, namun dalam perjalanannya ternyata berubah dan berkembang selain sebagai pemenuhan kebutuhan sandang, batik ternyata dapat menjadi produk yang dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Membuat baju batik di wilayah ini telah mereka lakukan sejak zaman dahulu dan bahkan beberapa masyarakat daerah ini telah mahir membuat batik sejak mereka masih kecil. Pembuatan batik pada masa lalu banyak dilakukan oleh kaum wanita yang mulai beranjak dewasa dan menunggu waktu mereka di lamar. Pada masa persiapan untuk menikah ini, wanita tersebut akan membuat batik yang paling bagus yang pernah dia buat, dan kain batik itu nantinya akan dia pakai bersama pengantin pria di hari pernikahan mereka.

Batik Rifaiyah ini umum dibuat dalam bentuk kain panjang, kemudian dalam bentuk sarung dan juga dibuat dalam bentuk batik selendang. Batik rifaiyah pada masa lalu merupakan lambang status sosial dan dipakai untuk menjaga kesopanan dan juga nilai moral. Batik rifaiyah ini memiliki nilai seni yang tinggi. Motif batik ini juga unik karena dalam ajaran agama Islam bentuk makhluk hidup tidak boleh menjadi ragam motif batik.

Ragam hias batik yang dibuat tidak boleh membuat motif ini menimbulkan sifat syirik bagi orang yang memakainya. Sehingga dalam motif batik khas ini tidak akan kita temui bentuk makhluk hidup yang digambarkan dengan sangat jelas.

Source https://batikfashionista.wordpress.com/ https://batikfashionista.wordpress.com/2016/04/02/ragam-corak-batik-batang/
Comments
Loading...