Ragam Batik Tiga Negeri

0 176

Ragam Batik Tiga Negeri

Batik Tiga Negeri yang beredar pada masa lalu ada dua jenis yaitu Motif Batik Tiga Negeri biasa dengan Motif Batik Tiga Negeri Tjoa. Pada masa tersebut pemakaian warna terang seperti warna biru dan juga warna hijau adalah warna yang membuat batik jawa menjadi berbeda. Warna biru, warna hijau, dan juga warna merah merupakan warna yang diyakini oleh banyak orang merupakan warna yang berasal dari hasil lukis para pendatang yang berasal dari Cina yang mampir di daerah pesisir laut Indonesia dalam perjalanan mereka untuk berdagang.

Pada waktu kapal dari Cina ini bersandar di daerah Indonesia, ada juga batik yang merupakan sebuah karya lukis dari seseorang yang kemudian menjadi koleksi seseorang yang bernama Tj Sie Gaom. Batik yang di koleksi tersebut merupakan motif batik yang berasal dari peranakan budaya Cina dan Belanda. Motif batik yang ada pada kain batik tersebut adalah bentuk buket bunga matahari yang sangat besar.

Motif Batik Tiga Negeri Tjoa merupakan Motif Batik yang didominasi oleh Motif Batik Cina seperti bunga dan juga motif batik burung yang tidak ditemui di daerah Indonesia. Motif ini lah yang kemudian dikenal sebagai Motif Batik yang membedakan antara baju Batik Tiga Negeri Tjoa dengan Batik Tiga Negeri lainnya. Namun selain itu ada juga orang yang menyebutkan bahwa yang sebenarnya membedakan antara Motif Batik ini adalah dengan adanya inisial Tjoa pada ujung kain batik tiga negeri yang dianggap sebagai pemberi tanda dari jenis Batik Tjoa.

Motif Batik Tiga Negeri ini memperlihatkan gambar dari tiga daerah yang memiliki kaitan yang cukup erat. Proses pembuatan Batik Tiga Negeri ini pada masa dahulu sangat rumit dan juga memakan waktu yang cukup lama. Dengan proses yang rumit dan juga lama ini membuat kain batik tiga negeri ini dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding dengan kain batik tulis lainnya.

Source Ragam Batik Tiga Negeri Batik
Comments
Loading...