Ragam Batik Khas Jawa Tengah

0 1.178

Ragam Batik Khas Jawa Tengah

Salah satu tradisi ini adalah seni batik yang memang telah terkenal sebagai budaya dan tradisi masyarakat Jawa. Batik yang berkembang di daerah Jawa Tengah ini memiliki motif batik yang unik dan merupakan peninggalan dari masa lalu yang tetap terjaga hingga kini. Daerah pembuatan batik yang terkenal di wilayah Jawa Tengah dapat kita jumpai di banyak wilayah dan juga daerah, namun ada tiga wilayah yang sangat terkenal dengan seni batiknya yaitu daerah Pekalongan, Solo dan yang terakhir adalah Jogja. Batik wilayah Jawa Tengah yang khas dengan batik ini sebagai berikut.

 1. Batik Solo.

Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Solo sendiri memiliki ciri yang berupa paduan geometri yang memiliki pola ukuran yang kecil dan juga menggunakan warna yang khas. Wilayah Solo ini membuat batik dengan memiliki banyak simbol dan juga makna yang berasal dari kebudayaan Hindu. Penggunaan simbol ini juga banyak mendapatkan pengaruh dari keraton Solo yang masih kuat pengaruhnya dalam masyarakat. Ciri khas motif batik Solo dapat kita lihat pada beberapa motif batik seperti motif batik sawat, motif batik meru, naga, motif batik burung dan juga modang.

2. Batik Jogja

Wilayah ini batik yang berkembang juga menggunakan simbol dan makna yang berasal dari keraton. Wilayah ini dapat juga disebut sebagai asal mula perkembangan seni batik saat ini.  Motif batik khas dari Jogja ini pada masa lalu menggunakan dua jenis warna yaitu hitam dan juga putih sementara warna bunga menggunakan warna biru tua, putih, dan juga coklat soga. Motif batik yang berkembang di wilayah Jogja ini terkenal dengan keindahan motif nya baik itu pola bunga, satwa dan juga tumbuhan menjalar yang dijadikan sumber ide pembuatan motif batik.

3. Batik Pekalongan

Wilayah terakhir adakah kota Pekalongan. Daerah ini memiliki jenis motif yang jauh berbeda dengan dua kota yang kita sebut di atas. Di kota ini berkembang motif batik yang khas daerah pesisir pulau jawa yang banyak menggunakan warna warni yang menarik. Batik Pekalongan ini banyak menggunakan pola bunga laut dan juga binatang laut yang sering mereka lihat di daerah mereka ini.

Source Ragam Batik Khas Jawa Tengah Batik
Comments
Loading...