Ragam Batik Jawa Barat

0 772

Ragam Batik Jawa Barat

Batik yang dibuat oleh masyarakat di Jawa Barat ini pada umumnya menggunakan pola yang berasal dari alam, bentuk tumbuhan, dan juga bentuk binatang. Pada ulasan dibawah ini kita akan membahas beberapa motif batik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Batik yang pertama akan dibahas adalah batik dari wilayah Cirebon. Batik yang ada di daerah ini pada umumnya merupakan Motif Batik yang menggunakan pola Batik Pesisir. Namun selain batik dengan pola pesisir, terdapat juga pola batik yang berasal dari kelompok Batik Keraton.

Pengaruh keraton Cirebon yang cukup kuat dalam budaya masyarakat kota ini membuat Motif Batik khas Cirebonan klasik muncul. Motif Batik ini seperti Motif Batik Mega Mendung, Motif Batik Patran Keris, Motif Batik Singa Payung dan juga Motif Batik Singa Barong serta berbagai macam Motif Batik lainnya. Motif Batik yang menganut aliran Batik Pesisir di daerah Cirebon banyak mendapatkan pengaruh dari gaya dan juga budaya masyarakat daerah pesisir pantai di Pulau Jawa yang sangat terbuka terdapat berbagai macam hal.

Motif Batik selanjutnya dari wilayah Jawa Barat adalah batik yang berasal dari Kota Tasik. Di Kota Tasikmalaya ini dapat dijumpai 3 Motif Batik yaitu Motif Batik Sukapura yang mirip dengan batik dari daerah Madura. Motif Batik Sawoan yang mirip dengan pola batik masyarakat Kota Solo. Dan yang ketiga adalah Motif Batik Tasik yang banyak menggunakan warna cerah dan pola batik yang khas dari daerah pesisir. Nuansa parahyangan dengan pola alam sangat kental terlihat pada Motif Batik dari daerah Tasikmalaya ini. Beberapa Motif Batik yang menjadi ciri khas mereka adalah Motif Batik Awi Ngarambat, Motif Batik Calaculu, Motif Bati Lancah Tasik, Motif Batik Sidomukti Payung dan masih banyak lagi Motif Batik khas dari Kota Tasikmalaya ini.

Source Batik
Comments
Loading...