Ragam Batik Hewan

0 486

Ragam Batik Hewan

Motif batik ini pada umumnya dibuat dengan menyesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing. Salah satu bentuk yang umum ditemukan dalam motif batik nusantara ini adalah bentuk hewan. Berbagai macam bentuk hewan cukup populer dan sering lihat dalam motif batik dari berbagai daerah. Hewan seperti kupu-kupu, ikan, burung dan juga angsa merupakan jenis hewan yang kerap dijadikan model dalam berbagai motif batik dari seluruh pelosok nusantara. Selain menggunakan bentuk hewan nyata, seni batik ini juga banyak menggunakan bentuk hewan yang hanya hidup dalam mitos dan juga cerita masyarakat. Bentuk hewan ini seperti burung api dan juga motif batik yang menggambarkan bentuk naga. Motif batik yang menggambarkan bentuk hewan ini pada umumnya memiliki makna yang terkandung dari bentuk hewan tersebut.

Pada umumnya motif batik ini memiliki nasihat yang ingin disampaikan kepada umat manusia untuk dijalani dan juga dijadikan teladan dalam hidup. Motif batik yang menggambarkan burung merupakan motif batik yang menjadi lambang akan kebebasan dan juga motif batik kupu adalah motif batik yang memberikan lambang tentang keindahan. Karakter dan bentuk hewan dalam batik ini pada umumnya sering mengalami perubahan bentuk dan juga gaya serta warna.

Perubahan-perubahan ini dilakukan oleh para seniman batik untuk lebih memperindah motif batik itu sendiri. Walaupun begitu Motif Batik Hewan ini tidak berubah dalam bentuk keaslian dari sifat dan juga perilaku dari hewan yang dijadikan sebagai bahan lukisan batik tersebut. Beberapa bentuk yang sering dijumpai adalah bentuk tumbuhan. Hal ini dilakukan karena hewan dan tumbuhan merupakan dua unsur alam yang memiliki hubungan erat antara satu sama lain.

Source http://caritabatik.webs.com/apps/blog/ http://caritabatik.webs.com/apps/blog/show/43844748-ragam-batik-hewan http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...