Ragam Batik Blora

0 112

Ragam Batik Blora

Motif Batik yang ada di Blora ini memiliki pola yang berbeda dengan batik yang lain dan terkenal dengan pola yang khas dari lingkungan kota mereka. Beberapa Motif Batik khas kota ini diantaranya adalah Motif Batik Jati Jagad, Motif Batik Cangkang Daun, dan juga Motif Batik Ron Selatar. Jenis Motif Batik yang baru saja disebutkan merupakan motif baju batik yang paling banyak disukai oleh penduduk kota ini dan juga penduduk kota lainnya. Namun saat ini, seniman batik Blora yang mampu membuat Motif Batik tersebut masih terbilang sedikit dan hanya beberapa diantara mereka yang mampu membuat motif batik tersebut dengan pas.

Salah seorang seniman batik di Kota Blora adalah Kustinah Destiana. Pembuatan batik yang khas miliknya telah dimulai sejak tahun 2009 dan membuat Motif Batik yang menggunakan tema lingkungan hutan jati sebagai Motif Batik utamanya. Tina memiliki prinsip bahwa dalam membuat Motif Batik, seorang seniman batik tidak boleh sembarangan dan haru memiliki makna dan juga filosofi ketika sang seniman menggambarkan Motif Batik tersebut. Motif Cangkang Daun adalah Motif Batik yang permukaan kainnya dipenuhi dengan bentuk cangkang atau ranting dan juga daun.

Motif Batik yang khas ini memiliki makna akan kehidupan manusia yang walaupun menghadapi banyak rintangan namun harus tetap bergerak maju. Cangkang itu sendiri memiliki makna rintangan dan daun adalah wakil dari makna kehidupan. Karya batik yang dihasilkan oleh Tina ini telah terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Bahkan beberapa karya batik yang dia buat pernah ikut dalam lomba desain Batik Tulis dan berhasil menjadi juara pertama pada kompetisi tersebut untuk tingkat provinsi. Sementara ketika ikut dalam pertandingan tingkat nasional, Motif Batik yang beliau desain berhasil menjadi juara ketiga. Dalam perlombaan tersebut bahkan membuat para juri sangat terkesan dengan Motif Batik Jati yang dia buat dan mengharapkan agar Motif Batik Jati ini dapat menjadi ikon dan lambang dari kota Blora.

Source Ragam Batik Blora Batik
Comments
Loading...