Pusat Batik Nusantara Thamrin City Kian Populer

0 33

Pusat Batik Nusantara Thamrin City Kian Populer

Pusat Batik Nusantara (PBN) berlokasi di Trade Mall (TM) Thamrin City, Jakarta Pusat, semakin terkenal sebagai pusat penjualan grosir dan retail produk batik dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasi yang dibuka sejak 2010 itu saat ini dihuni lebih 2.000 kios batik. PBN TM Thamrin City juga dikenal sebagai sentra penjualan batik terbesar di Indonesia.

Tak hanya pakaian batik casual produksi teknologi printing dan cap, tetapi juga kain batik tulis tradisional. Hampir semua karakter batik Nusantara dapat ditemui di PBN TM Thamrin City, sebagai salah satu jaringan Trade Mall yang dikelola Agung Podomoro Group. Dari batik pedalaman hingga pesisiran. Tidak hanya corak-corak batik dari berbagai daerah di Jawa, tetapi juga tersedia batik Flores, Minahasa, Papua, Bali, Dayak, Ambon, hingga Tapanuli.

Cindy Sosrodiningrat, desainer muda dam  pemilik Butik Eyang Putri di Lantai Dasar TM Thamrin City mengatakan, keberadaan PBN telah menjadikan batik menjadi bisnis yang menguntungkan. TM Thamrin City menjadi tempat menarik untuk mengembangkan usaha batik, dan mengembangkan mode-mode batik sesuai trend fashion.

“Thamrin City merupakan pusat trendsetter batik Nusantara. Disini semua karya saya bisa dinikmati oleh semua kalangan, dengan harga yang relatif terjangkau,” ujar Cindy, desainer yang pernah memperdalam ilmu desainnya di Italian Fashion School, Italia ini.

Ade Yosa, pemilik kios batik Adam Batik dan Fadilla Batik di Lantai 2 PBN adalah contoh pedagang sukses lainnya. Awalnya dia membuka satu kios batik yang menjual Batik Trusmi, batik khas Cirebon corak pesisiran yang terkenal, namun kini ia sudah memiliki 4 kios batik di TM Thamrin City, dan membuka cabang penjualan retail dan grosir di Makasar. Di kiosnya dijual beragam motif Batik Cirebonan, dari kemeja batik cap seharga mulai Rp 150 ribu per potong, hingga kain batik tulis eksklusif seharga Rp8–10 juta per lembar.

“Upaya-upaya pemerintah yang gencar mempromosikan batik sangat berkontribusi dalam mendongkrak minat masyarakat terhadap batik,” ujar Ade Yosa, Ketua Paguyuban Pedagang Batik Cirebon di PBN yang aktif mengikuti pameran batik ini.

Source https://www.wartaekonomi.co.id https://www.wartaekonomi.co.id/read199299/pusat-batik-nusantara-thamrin-city-kian-populer.html
Comments
Loading...