Purbalingga Cari Ikon Batik Lokal

0 141

Purbalingga Cari Ikon Batik Lokal

Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, berupaya upaya mencari motif khas yang akan dijadikan ikon batik daerah itu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan promosi pariwisata. “Oleh karena itu, Pemkab Purbalingga menggelar lomba desain batik bagi siswa SMP, SMA, maupun mahasiswa dan masyarakat yang berdomisili di Purbalingga,”  kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Purbalingga Budi Susetyono. Tema yang diusung dalam lomba desain batik tersebut berupa Pesona Gua Lawa. Tema tersebut diambil dengan tujuan untuk mengangkat kembali potensi wisata Gua Lawa sehingga jumlah kunjungan wisatawan dapat meningkat.

Lomba desain batik tersebut digelar pada tanggal 1-25 September dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 2 Oktober 2016 saat upacara peringatan Hari Batik. Desain batik yang akan diikutsertakan dalam lomba merupakan karya sendiri, bukan plagiat atau menjiplak punya orang lain yang telah ada. Desain dilukis di kertas gambar dengan ukuran A3 dan maksimal mengirimkan dua desain, sedangkan ketentuan teknisnya akan diumumkan lebih lanjut. Lomba tersebut tidak dipungut biaya dan desain yang menang akan menjadi hak milik panitia.

Desain yang menang dalam lomba nantinya akan diusulkan sebagai motif batik untuk seragam pegawai negeri sipil, seragam sekolah, maupun seragam karyawan perusahaan di Purbalingga. Penilaian desain dilihat dari komposisi warna, kerapihan, serta aplikatif yang pas saat diterapkan di kain. Untuk menjaga netralitas, juri akan diambil dari pegiat batik dan akademisi. Motif batik pemenang rencananya akan diperagakan saat peringatan Hari Jadi Ke-186 Kabupaten Purbalingga pada bulan Desember. Pemenang lomba desain batik akan mendapatkan piala, bingkisan, dan uang pembinaan.

Source http://archive.rimanews.com/ http://archive.rimanews.com/budaya/seni-sastra/read/20160823/300198/Purbalingga-Cari-Ikon-Batik-Lokal
Comments
Loading...