infobatik.id

Puluhan Motif Batik Bogor

0 28

Puluhan Motif Batik Bogor

Kota Bogor sudah memiliki 90 motif batik dibuat dengan terinspirasi dari sesuatu yang berbau kearifan lokal. Penghasil motif batik tersohor di Kota Bogor dipelopori Batik Bogor Tradisiku (BBT). Pemilik BBT Siswaya mengatakan, batik yang menjadi favorit masyarakat adalah batik motif hujan gerimis dengan latar Kota Bogor. Ada juga motif kujang dan kijang, batutulis, sempur, dan teratai. Berkat keaneragaman motif, batik Kota Bogor mendapatkan anugrah dari Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Bogor, Menteri Perindustrian dan Perdagangan, serta penghargaan lainnya. “Motif yang sudah diciptakan sebanyak 90 lebih. Ke depan kami akan selalu melakukan inovasi untuk batik Bogor ini. Penghargaan inovasi diberikan karena kami menemukan mozaik batik, terbuat dari kain percak yang sudah tidak terpakai,” kata Siswaya.

Saat ini batik masih kurang digandrungi generasi muda. Padahal sudah berbagai cara dilakukan untuk mengenalkan batik, khususnya khas Kota Bogor. BBT sudah melakukan berbagai cara, memang saat ini sangat disayangkan. Kami sangat terbuka apabila ingin melihat workshop sehingga bisa belajar cara membatik dan melihat batik Bogor.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sahlan Rasyidi mengingatkan, semua orang harus mengingat tradisi dan alam, misalnya Kota Bogor yang lekat dengan hujan. Karena itu batik bercorak hujan atau gerimis merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. “Masyarakat Indonesia harus betul-betul cintai batik. Minimal pakai sekali dalam sebulan. Saya akan memebuat imbauan kepada hotel dan mal di Kota Bogor supaya mencantumkan batik khas Bogor, tidak hanya pegawai, tetapi gorden dan hal lain bisa pakai batik Bogor,” tuturnya.

Source http://www.inilahkoran.com/ http://www.inilahkoran.com/berita/jabar/48216/puluhan-motif-batik-bogor
Comments
Loading...