Proses Pemindahan Pola Batik ke Atas Kain

0 451

Proses Pemindahan Pola Batik ke Atas Kain

Batik telah menjadi sebuah produk tekstil yang dipakai sebagai pemenuhan kebutuhan sandang oleh manusia tetapi juga merupakan sebuah bentuk kesenian yang memiliki nilai seni tinggi yang dapat ditemui dalam setiap garisan Motif Batik yang ada di atas permukaan kain batik tersebut. Untuk dapat melukiskan Motif Batik tersebut ke atas permukaan kain dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Cara yang dilakukan oleh para seniman dan para pembuat batik agar motif yang mereka gambarkan di atas permukaan kain tersebut dapat dibuat dengan baik dan juga dapat mendapatkan letak yang baik dan pas di atas permukaan kain tersebut. Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh seorang pembatik adalah dengan menggambarkan pola batik dengan menggunakan bantuan mal. Cara ini dilakukan oleh seniman batik dengan cara menggambar motif pada kertas gambar yang memiliki ukuran yang sama dengan kain yang akan dipakai menjadi kain batik.

Pada media kertas gambar tersebut oleh para pembuat Motif Batik akan diberikan garis tepi dengan ukuran kurang lebih 3 sentimeter. Pemberian garis pinggir ini adalah dengan maksud agar motif batik yang akan digambar tidak sampai pada bagian pinggir kertas. Setelah kertas gambar tersebut memiliki motif maka kain mori yang akan dijadikan kain batik itu akan diletakkan di atasnya, dan untuk menjaga agar kain dan juga kertas yang dipakai ini tidak akan bergeser maka pada umumnya para pembuat Motif Batik ini akan menggunakan bantuan jarum sehingga kain dan kertas menjadi lengket dan tidak tergeser ketika proses memindahkan motif ini dilakukan.

Selanjutnya pola akan digambarkan dengan menggunakan pensil. Teknik ini biasa dipakai oleh para pembuat batik ketika mereka membuat Motif Batik Non Geometris seperti Motif Batik Semen, Motif Batik Lung-Lungan, Motif Batik BuketanModang dan juga Motif Batik Sido Mukti.

Source Proses Pemindahan Pola Batik ke Atas Kain Batik
Comments
Loading...