Proses Pembuatan Batik Positif Dan Negatif

0 47

Proses Pembuatan Batik Positif Dan Negatif

Dalam pembuatan batik positif, pewarnaan yang dilakukan umumnya adalah pewarnaan coletan dan warna dasar. Setelah pewarnaan Coletan difiksasi, lalu ditutup dengan lilin batik warna Coletannya, sebelum dicelup warna dasar kemudian. Batik positif membuatnya sedikit lebih mudah dan lebih cepat dari yang negatif. Dan resiko batik positif lebih kecil dibandingkan dengan batik negatif, karena di batik negatif bidang malam luas atau besar jadi ada resiko pecah/ retak lilin batik, yang bisa kemasukkan warna dasar.

Oleh karenanya dalam pembuatan batik negatif harus memperhatikan kualitas malam batik, proses pembatikan yang baik jika perlu dilakukan proses balen keroposan, dan proses pewarnaan secepat mungkin setelah proses pembatikan selesai. Jadi keuletan lilin batik masih bagus dan resiko terjadinya retak lilin lebih sedikit terjadi. Untuk mengurangi resiko pecahnya lilin batik, pencelupan batik negative yang penuh tertutup lilin dilakukan dengan cara dibentangkan dengan plangkan, dalam posisi digantung, dan diwarnai menggunakan spon. Hal ini untuk mengurangi kain tertekuk, terlipat yang dapat menyebabkan lilin pecah. Sebaiknya kain yang penuh lilin, bledak, atau tembokan, tidak dilipat selama proses tunggu, atau selama proses celup dan warna dengan spon atau kuas. Tetapi karena pecah lilin batik adalah suatu proses yang wajar, maka walau berhati – hati, tetap bisa terjadi pecah lilin.

Jika batik cap/ printing tidak ada pecah lilin maka bisa dikira printing juga, begitu jika customer belum begitu memahami perbedaan batik cap / tulis dengan batik printing.

Pembuatan batik negatif bisa dilakukan dengan menggunakan teknik pewarnaan Tiedyed (Tie Dye), yaitu dengan cara mewarnai kain, dicap, lalu diluntur atau proses cabut warna. Terutama untuk warna light sampai medium yang tidak banyak mengandung biru turquoise dan komponen warna kuning yang perlu menggunakan kaporit untuk meluntur warnanya. Jadi setelah diluntur, malam dihilangkan, hasil jadi batik yang seperti batik negative, jika ingin diberi warna soga bisa diberi klowongan dan dilakukan pewarnaan dengan cara coletan, jadi tidak harus menutup area yang luas, seperti batik negative pada umumnya.

Dengan perkembangan seperti ini, maka batik positif dan negative bisa dibuat dengan jalan yang bermacam, dan tiba pada akhirnya ketelitian dan kecermatan dalam mengamati langkah yang dilakukan yang akan memastikan batik positif dan negative yang “jujur” atau sesungguhnya.

Source http://parangboket.blogspot.co.id/ http://parangboket.blogspot.co.id/2018/02/batik-positif-dan-negatif.html
Comments
Loading...