Proses Pembuatan Batik Kibasan Sabut Kelapa dari Bantul 

0 220

Proses Pembuatan Batik Kibasan Sabut Kelapa dari Bantul

Batik Kibasan Sabut Kelapa mempunyai makna yang begitu membumi. Mencerminkan ajakan untuk mempergunakan sumber daya alam dalam semua bidang dengan porsi yang benar. Bukan hanya dalam penggunaan warna alami, namun juga pemakaian sabut kelapa sebagai kuas khusus yang digunakan.  Memang kuas tersebut merupakan inovasi untuk menciptakan motif baru tanpa meninggalkan kaidah membatik.

Berikut langkah-langkah pembuatan Batik Kibasan Sabut Kelapa :

  • Menyiapkan kuas khusus dari sabut kelapa yaitu kuas Mekar, dan kuas Gandeng.
  • Memindahkan desain pola utama dari sketsa ke kain.
  • Menggunakan teknik mengibaskan kuas sabut kelapa pada kain sehingga muncul karakter atau ciri khusus yang alami pada hasil ahkirnya.
  • Mencanting kain dengan alat canting Cecek, dan canting Klowong berisi cairan malam. Fungsi dari langkah ini adalah merapikan serta memberikan ciri khas batik tulis.
  • Melakukan proses pewarnaan dengan Zat Pewarna Alami(ZPA) dari percampuran kayu Tingi, buah Jalawe serta kulit Bawang Merah.
  • Pelorodanatau proses untuk menghilangkan cairan malam pada kain menggunakan air panas, soda abu, waterglass serta kanji.
  • Di samping batik yang menggunakan tehnik Kibas Sabut Kelapa, tentu ada  kain batik yang menggunakan tehnik lain yang diproduksi. Baik itu berbahan sutra maupun kain Katun maupun Mori digunakan sebagai bahan dasar. Bukan hanya scarf namun juga kain berukuran 2 meter maupun yang sudah berbentuk tas kantong.
Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/vika.kurniawati/5a98002fdd0fa8312e300ba6/batik-kibasan-sabut-kelapa-dari-bantul-mulai-merambah-jepang
Comments
Loading...