Proses Pembuatan Batik Kenongorejo

0 151

Proses Pembuatan Batik Kenongorejo

Batik Kenongo dibuat di sentra batik Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tetap bertahan meski nyaris punah akibat kalah bersaing dengan batik dari daerah luar. Perajin Batik Kenongo di desa setempat, Subiyono, mengatakan, pihaknya tetap berproduksi meski dengan skala kecil untuk mempertahankan usahanya.

Subiyono merupakan satu dari tiga perajin batik di desa setempat yang masih bertahan. Untuk tetap mengenalkan batik khas Kabupaten Madiun, pihaknya aktif mengikuti pameran dan lomba di berbagai daerah.

Adapun tahapan-tahapan dalam proses pembutan Batik Tulis Kenongorejo ini:

  1. Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada. Batik pesisiran dengan ciri khas natural seperti gambar bunga dan kupu-kupu. Membuat design atau motif ini dapat menggunakan pensil.
  2. Setelah selesai melakukan molani, langkah kedua adalah melukiscdengan (lilin) malam menggunakan canting (dikandangiatau dicantangi) dengan mengikuti pola tersebut.
  3. Tahap selanjutnya, menutupi dengan lilin malam bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Canting untuk bagian halus, atau kuas untuk bagian berukuran besar. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena.
  4. Tahap berikutnya, proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu
  5. Setelah dicelupkan, kain tersebut di jemur dan dikeringkan. Setelah kering, kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama.
  6. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua.
  7. Proses berikutnya, menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku.
Source https://luiserdiana.blogspot.co.id/ https://luiserdiana.blogspot.co.id/2016/09/eksistensi-batik-kenongorejo-sebagai.html
Comments
Loading...