Proses Pembuatan Batik Jember

0 302

Proses Pembuatan Batik Jember

Kabupaten Jember mulai mengembangkan batik yang dijadikan sebagai salah satu identitas dari daerah ini. Meskipun Batik Jember kalah terkenal dengan batik-batik lainnya di pulau Jawa, sebenarnya di daerah ini batik sudah ada sejak jaman Belanda. Sempat mengalami mati suri kemudian Batik Jember mulai dikembangkan lagi sejak tahun 2010 oleh produsen batik tulis Rumah Batik Rolla. Nama Batik Jember ditujukan untuk membumikan Jember sebagai suatu daerah sentra baru penghasil batik tulis di Jawa Timur, selain yang telah dikenal sebagai daerah penghasil tembakau terkemuka.

Proses pembuatan pada Batik Jember dimulai dengan membuat desain motif pada selembar kertas kalkir. Desain motif tersebut kemudian digambar oleh para drafter pada kain yang akan dibatik dengan menggunakan pensil. Kain yang telah digambar motifnya selanjutnya diserahkan kepada pembatik untuk dibatik pertama kali (klowongan) dengan peralatan canting dan malam mengikuti goresan pensil. Setelah kain dibatik klowongan (reng-rengan) dilanjutkan dengan pewarnaan.

Ada dua macam teknik  pewarnaan yaitu pewarnaan celup dan pewarnaan coletan. Teknik coletan adalah teknik pewarnaan dengan menggunakan kuas hanya pada bidang tertentu untuk memperoleh warna yang lebih variatif. Sedangkan pewarnaan celup adalah teknik pewarnaan dengan mencelup seluruh kain yang telah dibatik dengan menggunakan bahan pewarna tertentu. Kedua teknik pewarnaan ini dapat dilakukan secara bersama-sama pada satu kain. Setelah diberi warna, kain diblok atau ditembok. Aktifitas ngeblok atau nembok adalah menutup bidang kain tertentu dengan malam untuk mempertahankan warnanya. Ngeblok dan mewarna dapat dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan warna batik yang diinginkan. Proses terakhir adalah pelorodan dimana kain yang telah diblok dan diberi warna dibilas dengan air panas untuk melepaskan malam yang menempel pada kain.

Source http://pesona-craft.blogspot.co.id/ http://pesona-craft.blogspot.co.id/2015/11/batik-jember_9.html
Comments
Loading...