infobatik.id

Proses Pembuatan Batik Garut Pada Masa Dahulu

0 36

Proses Pembuatan Batik Garut Pada Masa Dahulu

Pada zaman dahulu proses pembuatan dan pewarnaan Batik Garut sangatlah rumit. Rahasia kecemerlangan warna Batik Garut terletak pada proses pengetelan atau penggodokan kain katun sebagai bahan dasarnya. Sebelum ditulis dengan cairan malam, sehelai kain katun mengalami proses pengetelan paling tidak selama satu bulan. Kain direndam dalam campuran minyak su’uk (minyak kacang) dan air merang, lalu diinjak-injak kemudian dijemur. Jika sudah kering, proses tersebut diulang berkali-kali selama dua minggu.

Dua minggu kemudian kain diembunkan, digantung tanpa terkena sengatan matahari langsung. Idealnya proses pengetelan selama diberi jatah waktu 40 hari. Dengan proses tersebut menghasilkan warna kain mengkilap, tidak mudah luntur, dan tahan lebih dari 100 tahun. Proses seperti itu saat ini sudah jarang dilakukan, karena tak efektif dan efisien lagi untuk memenuhi permintaan pasar.

Untuk penyelesaian satu helai Batik Garut dibutuhkan waktu satu hingga dua bulan. Proses awal adalah pengetelan, lalu pembuatan gambar dasar atau pemolaan, proses selanjutnya pembatikan, pewarnaan, kemudian dilorod.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-garut
Comments
Loading...