Proses Pembuatan Batik Batang

0 283

Proses Pembuatan Batik Batang

Batik Batang secara umum di buat dengan menggunakan warna sogan sebagai warna dasar dari kain batik yang dibuat. Untuk bagian motif, Batik Batang tampil dengan menggunakan warna putih. Selain itu batik khas Batang memiliki ciri tersendiri yaitu menggunakan pola khas remukan pada Motif Batik Batang. Bentuk remukan pada Batik Batang merupakan pola yang berupa gambaran serta yang ada pada bagain dalam Motif Batik Batang yang dengan ciri tersebut menjadi kan batik batang memiliki nilai seni tersendiri.

Terdapat perbedaan Batik Batang dengan batik dari daerah lain dapat dilihat dari proses pembuatan batiknya yang unik sehingga dapat menghasilkan pola remukan tersebut. Dalam proses pembuatan Batik Batang terdapat tahap meremukkan lilin malam. Proses ini dilakukan untuk memperoleh kesan remukan pada Motif Batik Batang. Hal ini lah yang tidak ditemui pada Motif Batik yang berasal dari daerah lain. Pola Batik Batang dengan Motif Remukan ini akhirnya merupakan batik yang menjadi ciri khas dari kota Batang dan membuat pola ini juga berbeda dengan batik kota lain. Proses pembuatan Batik Batang pada umumnya dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Tahap pertama adalah menggambar motif pada kain. Memberi bentuk variasi pada motif.
  • Kemudian melakukan proses nembok yaitu menutupi bagian dasar kain yang tidak ingin diberi warna.
  • Selanjutnya adalah pencelupan pada warna.
  • Setelah itu batik tersebut akan di remuk sehingga lilin malam tersebut pecah dan akhirnya membentuk pola gambar warna yang remuk dan terlihat sebagai serat pada Motif Batik.
  • Proses terakhir adalah menghilangkan malam dengan cara seperti tempat lain yaitu direbus dalam air mendidih.
  • Tahapan pemberian isen pada pembuatan Batik Tulis khas dari kota Batang ini pada umumnya akan diberikan pola Batik Lentreng Terusan yang dibuat dengan pola batik yang rapat. Pola ini dibentuk dengan cara saling sambung dan tembus pada dua sisi kain.
Source Proses Pembuatan Batik Batang Batik
Comments
Loading...