Proses Menembok Baju Batik

0 234

Proses Menembok Baju Batik

Pembuatan batik ada juga yang dikenal dengan sebutan proses menembok kain yang akan dijadikan kain batik. Proses menembok dalam pembuatan baju batik adalah proses untuk menutupi atau melakukan yang dilakukan dengan lilin malam pada bagian motif baju batik yang direncanakan untuk tidak terkena warna dari proses pewarnaan yang akan dilakukan. Bidang yang akan dilakukan proses tembok berukuran kecil dapat menggunakan canting yang berjenis tembok. Tetapi jika bidang pada kain yang akan dilakukan proses tembok itu memiliki bidang yang cukup besar, seperti bidang yang berupa dasaran, proses pemberian tembok ini dapat menggunakan kuas atau canting tembok yang pada bagian cucuknya ditambah atau diikat dengan benang.

Menembok dilakukan pada bagian yang motif sebelumnya telah diproses mendapatkan warna sehingga bagian yang tadi telah mendapatkan proses tembok tidak akan terkena warna pada proses pewarnaan selanjutnya. Setelah kain dicelupkan pada cairan waterglass, dicuci, dan kemudian diangin-anginkan hingga kering, barula proses menembok dapat dilakukan.

Setelah proses penembokan selesai dengan cara menutupi motif-motif yang ingin untuk tidak terkena warna dari proses pemberian warna, proses yang akan dilakukan selanjutnya adalah pemberian warna dasar. Pemberian warna dasar dilakukan dengan cara melakukan pencelupan ke dalam larutan cairan yang bernama naphtol. Resep larutan zat warna naphtol untuk pencelupan terdiri dari naphtol ASG 4 gram, air TRO 5 cc, soda kostik 2 gram, air mendidih, air dingin dan juga garam diazo black B 12 gram.

Larutan yang dibuat ada dua, yaotu larutan nahtol ASG dan larutan garam diazo black B. Ampurkan naphtol ASG, TRO dan soda kostik di dalam gelas kecil lalu tambahkan air panas. Aduk hingga diperoleh larutan yang bening. Bila larutan tetap keruh, dapat ditambahkan soda kostik sedikit demi sedikit hingga larutan menjadi bening. Sementara itu, garam diazo black dimasukkan ke dalam gelas kecil lalu tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan garam diazo black B larut dengan sempurna.

Source Proses Menembok Baju Batik Batik
Comments
Loading...