infobatik.id

Proses Membuat Canting

0 27

Proses Membuat Canting

Canting batik terdiri dari tiga bagian, yaitu gagang (pegangan), nyamplung (tempat malam) dan cucuk ujung seperti pena untuk melukis. Ada beberapa jenis canting sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Mulai dari cecek, isen, klowong hingga tembok. Terkadang jika pesanan dari pengrajin batik meminta canting yang bervariasi, jumlah cucuknya bisa 2, 4 atau bahkan 8. Hal ini memang menyesuaikan dengan motif yang ada. Proses pembuatan canting batik tergolong rumit. Setiap proses pembuatan canting memerlukan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi.

Setiap satu buah canting batik kurang lebih akan melalui sepuluh kali tahap pemrosesan. Mulai dari pematrian, njeglog, ngikat, nggagangi, nyucuki, motong lalu nggatuke. Diantara sekian tahapan yang umit itu, proses paling penting dan sulit adalah ketikanyucuki (memberikan cucuk tempat keluarnya malam).

Pada proses ini sangat dibutuhkan ketelitian supaya cucuk yang terbuat dari tembaga memiliki lubang yang pas, jika lubang terkena patri sedikit saja canting tersebut tidak akan dapat digunakan.

Source https://watespahpoh.net/ https://watespahpoh.net/2017/canting-batik-wantoro-untuk-geblek-renteng.html
Comments
Loading...