Proses Membatik : Teknik Membuat Batik Tulis Manual

0 46

Batik tulis adalah batik yang dibuat secara manual oleh tangan manusia inilah cara membuat batik tulis secara rincinya. Proses pembuatan batik tulis adalah proses yang membutuhkan tehnik, ketelitian dan kesabaran yang tingkat tinggi. Hal ini disebabkan segala sesuatu proses pembuatannya dikerjakan manual oleh tangan terampil manusia (ditulis) tanpa menggunakan mesin. Karena tehnis segala sesuatunya dilakukan secara manual maka harga batik tulis adalah salah satu jenis batik yang termahal dari semua jenis batik yang ada di Indonesia.

Bahkan jika bahan kain yang digunakan adalah kain sutera, maka kain batik sutera tulis menjadi yang termahal dari seluruh kain batik yang ada di dunia. Kombinasi antara kain sutera yang sudah dikenal mahal dengan tehnik proses pembuatan secara ditulis manual tanpa menggunakan mesin, menjadikan batik tulis sutera ini diburu oleh kalangan eksekutif untuk menunjukkan kelas gengsinya. Proses pembuatan batik tulis tidak jarang membutuhkan waktu hingga 1 bulan pengerjaan. Terutama jika kain yang digunakan adalah kain sutera, yang membutuhkan perlakuan tehnik khusus karena karakteristik bahan kainnya.

Sebelum kita belajar tehnik pembuatan batik tulis, ada baiknya kita ketahui dahulu bahan-bahan yang digunakan pada proses pembuatan batik tulis, antara lain:
1. Canting, adalah alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola
2. Pensil pola
3. Sutera
4. Wax
5. Kompor
6. Bahan pewarna kain

Source batik.or.id batik.or.id/teknik-membuat-batik-tulis
Comments
Loading...