Proses Membatik : Proses Buat Batik Cap Lengkap

0 271

Sebelum proses pembuatan batik cap, lebih dulu kita harus memahami apa itu batik cap dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat batik cap. Pada awalnya hanya terdapat batik tulis yang dikerjakan oleh para pengrajin wanita menggunakan canting. Karena mungkin proses pembatikan yang terlalu lama maka dikembangkanlah batik cap. Sekitar pertengahan abad ke-19, “canting cap” (biasanya disebut hanya “cap” saja) mulai dikembangkan. Menurut wikipedia, pengertian batik cap sendiri adalah Batik Cap adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang menggunakan canting cap.

Canting cap yang dimaksud di sini mirip seperti stempel, hanya bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar, rata-rata berukuran 20cm X 20cm. Canting cap merupakan sebuah alat berbentuk semacam stempel besar yang telah digambar pola batik. Pada umumnya pola pada canting cap ini dibentuk dari bahan dasar tembaga, tetapi ada pula yang dikombinasikan dengan besi. Dari jenis produksi batik cap ini, pembatik bisa menghemat tenaga, dan tak perlu menggambar pola atau desain di atas kain.

Selain menggunakan cap dari tembaga, canting cap juga kadang menggunakan kayu sebagai cap. Karena malam tidak bisa menempel di kayu maka hasil batik yang dibuat biasanya berbeda dengan cap tembaga. Sehingga lebih tipis, dan hasil pengecapannya yang terbentuk juga memiliki kekhasan tersendiri.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/03/27/proses-pembuatan-batik-cap-lengkap-dengan-alat-dan-bahan-yang-dibutuhkan
Comments
Loading...