Proses Membatik : Mengapa Air Amat Berpengaruh

0 128

Dalam pembuatan kain batik tradisional, proses pewarnaan alam batik tulis tradisional adalah salah satu proses vital untuk menghasilkan warna yang alami dan sesuai dengan karakter motif batik yang akan dibuat. Dan dalam prakteknya, proses pewarnaan tradisional membutuhkan waktu dan tahapan yang lebih lama dan lebih rumit daripada pewarnaan modern. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pewarnaan tradisional pada dasarnya menggunakan bahan dari alam, sementara untuk mempermudah prosesnya, para pengrajin warna sedikit menggunakan bahan kimia. Dan diantara bahan-bahan alam tersebut, air menjadi salah satu unsur utama proses pewarnaan batik tulis.

Air menjadi factor penting ketika bahan bahan alam yang bisa didapatkan dengan mudah tetapi tidak semua bahan juga sembarangan didapatkan. Karena nantinya akan menentukan hasil dari batik tulis tradisional yang akan diberikan sentuhan warna.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2019/03/29/mengapa-air-berpengaruh-besar-pada-proses-pewarnaan-alam-batik-tulis-tradisional
Comments
Loading...