infobatik.id

Proses Mbabar Dalam Proses Membatik

0 5

Proses Mbabar Dalam Proses Membatik

Proses Mbabar merupakan salah satu proses penyelesaian dari batik menjadi kain. Selesai batik dibliriki, meningkat pengerjaan selanjutnya, yaitu memproses menjadi kain. Dibeberapa daerah cara mbabar pada garis besarnya sama. Perbedaan hanyalah terletak pada perbandingan bahan adonan yang dipergunakan. Ada suatu daerah dimana perbandingan bahan adonan sudah tertentu sesuai dengan kain yang diinginkan. Tetapi ada pula daerah yang mempergunakan perbandingan tidak menentu dan hanya berdasar perkiraan menurut pengalaman. Selain itu perbedaan terletak pada jangka waktu yang dibutuhkan setiap tahap-tahap mbabar.

Ada pula yang mempergunakan jangka waktu tertentu; tetapi ada pula yang berdasar perkiraan saja. Perbedaan-perbedaan itu mempengaruhi kualitas kain yang diproduksi setiap daerah. Hal itu tidak mustahil karena pada mbabar terdapat proses kimia; sedang waktu adalah sangat besar pengaruhnya terhadap proses kimia. Tetapi proses ini belum diketahui secara mendalam oleh para pembabar masa silam.

Bahan Untuk Proses Mbabar

Pada umumnya untuk mbabar batik dipergunakan bahan hasil alam dengan pengolahan sederhana. Memang bumi Indonesia kaya akan hasil alam yang bermacam-macam.

Bahan untuk mbabar, antara lain :

  • Nila

Nila dari tumbuh-tumbuhan tarum (Jawa tom). Sudah sejak jaman purbakala tarum dipakai untuk membuat warna pakaian. Nila dipergunakan untuk medel batikan dengan campuran bahan yang lain.

  • Tebu

Tebu diambil gulanya atau tetes; sebagai campuran.

  • Kapur Sirih (Enjet)

Dipergunakan untuk campuran.

  • Tajin

Tajin ialah semacam kanji yang diambil dari air rebusan beras.

  • Soga

Soga nama tumbuh-tumbuhan dari keluarga papilionaceae dan mempunyai warna kuning.

  • Saren

Saren dari kata sari berarti inti atau pati. Di Jawa terdapat istilah “saren”; yang dimaksud adalah darah lembu (kerbau) yang dipotong dan dimasak. Di sini saren adalah suatu ramuan, atau adonan dari beberapa bahan untuk mencelup batikan sesudah disoga. Dan tahap ini adalah tahap menghilangkan “malam”, atau mendekati penyelesaian.

Source http://batikdan.blogspot.co.id/ http://batikdan.blogspot.co.id/2011/09/cara-pembuatan-batik-tulis.html
Comments
Loading...