Proses Lorotan atau Babaran Dalam Pembuatan Batik

0 75

Proses Lorotan atau Babaran Dalam Pembuatan Batik

Dalam proses batik cap dan tulis yang dimaksud proses lorotan/ lorod atau babaran adalah proses penghilangan lilin atau malam dari kain batik dengan mencelupkan kain yang ada malamnya tersebut ke dalam air panas yang mendidih, sehingga malam meleleh lepas dari kain. Proses dilakukan berulang – ulang, dilakukan juga proses bilasan untuk kain sampai benar – benar bersih.

Sebetulnya ada beberapa macam proses lorotan atau babaran, yaitu proses yang menggunakan lorotan panas, yaitu memasukkan kain ke air panas yang mendidih atau lorotan dingin.

Proses Lorotan atau Babaran memiliki urutan adalah :

  1. perendaman kain yang masih ada malamnya dalam air.
  2. Kain dimasukkan ke dalam air panas yang mendidih. Malam akan lepas dari kain, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah saat memasukkan kain ke dalam tempat pelorotan/ vessel/ kenceng tembaga/ tong tidak boleh terlalu banyak/ penuh kainnya. Jadi kain bisa diaduk di dalam kenceng, diangkat satu per satu, dikopyok, dan lainnya.
  3. Membilas kain setelah dimasukkan ke air panas yang mendidih, jika kain saat dibilas belum bersih, maka setelah pembilasan kain kembali dimasukkan ke dalam air panas yang mendidih, dan proses diulangi lagi sampai kain bersih.
  4. Supaya malam tidak kembali menempel ke kain, maka digunakan larutan kabluk atau tepung tapioka yang dimasukkan ke dalam vessel atau kenceng. Malam yang mengapung di atas kenceng dibersihkan dengan erok – erok, dan jika air berkurang dalam kenceng perlu ditambah air barunya. Terkadang jika malam sulit lepas dan bersih, maka kain digeblogkan ke lantai dan atau diiles dengan kaki.
  5. Setelah kain bersih, maka kain dimasukkan ke dalam larutan pati kanji atau softener, tergantung peruntukan dan permintaan handling finishing kain.
  6. Kain yang sudah bersih lalu digantungkan di gawangan untuk diperas menggunakan mesin peras (centrifugal machine) sebelum proses penjemuran. Setelah proses penjemuran dilakukan sortir untuk mengecek kebersihan dan BS atau defect kain dengan meja kaca berlampu.

Proses Lorotan dan Babaran bertujuan untuk menghilangkan malam dari kain secara keseluruhan, sampai bersih, kalau belum bersih harus dibersihkan atau diulangi prosesnya. 

Source http://parangboket.blogspot.co.id/ http://parangboket.blogspot.co.id/2017/10/proses-lorotan-atau-babaran.html
Comments
Loading...