Proses Batik Indonesia

0 50

Proses Batik Indonesia

Teknik pembuatan batik merupakan sebuah budaya dan juga kesenian yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Asal usul batik ini tidak memiliki keterangan sejarah yang cukup jelas mengenai asal usul seni batik ini. Tradisi membuat batik ini merupakan sebuah kesenian yang menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun dalam keluarga Jawa. Hal ini membuat terkadang sebuah motif batik dapat dikenal berasal dari keluarga mana yang membuatnya.

Motif baju batik juga dapat menjadi petunjuk akan status orang tersebut, dan hingga saat ini masih ada beberapa motif baju batik yang hanya boleh dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan juga keluarga keraton Solo saja. Batik adalah sebuah warisan dari nenek moyang suku jawa yang hingga saat ini masih terus bertahan dan juga berkembang dengan sangat baik. Batik merupakan sebuah kain yang pertama kali diperkenalkan oleh presiden Soeharto kepada masyarakat dunia pada waktu konferensi PBB.

Pada awalnya batik ini dibuat diatas bahan kain dengan warna putih yang dibuat dari kapas dan dikenal dengan sebutan kain mori. Perkembangan zaman membuat saat ini batik juga dibuat diatas berbagai jenis permukaan kain, seperti kain sutera, kain poliester, rayon dan juga berbagai macam bahan kain sintetis lainnya. Motif yang ada pada permukaan kain ini diproses dengan cairan lilin yang khusus dan menggunakan sejenis alat yang dikenal dengan sebutan canting untuk motif baju batik yang cenderung kecil dan juga halus.

Sementara untuk motif batik yang berukuran besar pada umumnya para seniman batik ini mempergunakan kuas. Cairan lilin tersebut dioleskan pada permukaan kain dan akan meresap pada kain tersebut. Setelah kain tersebut diberi lilin pada beberapa bagian nya yang tertentu maka kain tersebut akan dicelup ke dalam warna untuk memperoleh corak dengan warna yang diinginkan.

Pada umumnya warna yang dipakai dalam tahapan awal adalah warna dengan jenis muda. Kain batik akan melalui beberapa kali proses pencelupan dalam warna. Setelah proses pemberian warna tersebut selesai maka kain batik tersebut akan dihilangkan lilin malam yang menempel padanya dengan cara direbus dalam air mendidih.

Source https://bibolbatik.wordpress.com/ https://bibolbatik.wordpress.com/2016/03/28/proses-batik-indonesia/
Comments
Loading...