Promosikan Batik Lewat Lomba Batik Magelangan

0 142

Promosikan Batik Lewat Lomba Batik Magelangan

Untuk dapat mempromosikan batik khas Kota Magelang (Batik Magelangan), Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Magelang, akan menggelar Lomba Putra-Putri Batik Magelang. Rencananya, kegiatan tersebut digelar pada Minggu tanggal 17 Maret 2013 mendatang.

Kepala Disporabudpar Kota Magelang, Suko Tri Cahyo, mengatakan perlombaan yang baru pertama kali digelar tersebut bertujuan supaya batik hasil produksi warga Kota Sejuta Bunga ini lebih dikenal oleh masyarakat luas. Rencananya, kompetisi tersebut akan dilaksanakan di Bakorwil Kedu-Surakarta, Jalan Diponegoro Kota Magelang. Sedangkan peserta, terbuka bagi siapa saja, baik bagi warga Kota Magelang sendiri maupun daerah lain

Salah satu warga Kota Gethuk ini sudah banyak yang memproduksi batik. Hampir di tiap kecamatan ada dan memiliki ciri khas masing-masing. Seperti di Kampung Ringin Anom Kramat Selatan, Tuguran, Kebonpolo, Karet, Jagoan, Kliwonan, Bodongan, Cacaban, Bayeman dan lainnya.

Motif Batik Magelangan juga memiliki ciri khas yang unik sesuai dengan daerah asalnya. Misalnya ada motif bergambar ikon Kota Magelang, Water Torn dan Plengkung. Uniknya lagi, motif batik juga disesuaikan dengan nama kampung tempat produksi. Seperti batik dari Kampung Bayeman (bermotif sayur bayam), Kampung Jagoan (ayam jago), Kampung Kemirirejo (bermotif buah kemiri), dan lain-lain.

Melalui ajang tersebut nantinya akan menumbuhkan rasa cinta masyarakat kepada produk asli Kota Magelang, dan mengangkat nama kota ini sebagai tujuan pariwisata dan ekonomi masyarakat. Termasuk para produsen batik juga ikut sejahtera.

Source Promosikan Batik Lewat Lomba Batik Magelangan Batik
Comments
Loading...