Promosikan Batik Lewat Ekspo Ekonomi Kreatif

0 173

Promosikan Batik Lewat Ekspo Ekonomi Kreatif

Batik Grobogan memiliki potensi yang sangat besar. Apalagi saat ini ada puluhan perajin yang tergabung dalam komunitas. Berdasarkan data perekonomian Grobogan ada sekitar 60 kelompok perajin batik dan 25 kelompok dari koperasi UMKM batik. Dari jumlah itu, semua masih aktif memproduksi batik Grobogan yang dikenal dengan motif  palawija dan pertanian.

Meski begitu, Kabag Perekonomian Setda Grobogan Pradana Setiawan mengatakan, pengenalan batik Grobogan terus dilakukan. Bahkan, untuk dorong kreativitas akan diadakan ekspo ekonomi kreatif. Saat ekspo tersebut tidak hanya memamerkan hasil, tetapi mengajak komunitas batik ikut aktif di dalamnya dan masyarakat bisa praktek. Pengembangan dan ekspo ini tidak mengacu pada hasil produk, namun kreativitas.

Di ekspo warga bisa menikmati hiburan lebih menarik dan lebih hidup. Selain itu, akan membuat rekor Muri dengan pembuatan terbesar yang pernah dari bahan baku kedelai Grobogan. Selain pameran UMKM dan komunitas ekonomi kreatif ada berbagai macam lomba. Di antaranya lomba batik, fashion carnival dan lainnya. Bagi pecinta kopi disediakan space. Bupati Grobogan Sri Sumarni mengaku, mendukung usaha ekonomi kreatif. Sebab, bisa meningkatkan perekonomian warga dan membuka lapangan pekerjaan baru. Dukungan yang diberikan oleh UMKM dengan mewajibkan kepada seluruh PNS berseragam Batik Grobogan setiap satu pekan sekali.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/10/31/23459/promosikan-batik-lewat-ekspo-ekonomi-kreatif
Comments
Loading...