Promosikan Batik Jember Cetuskan Gerakan Jember Membatik

0 125

Promosikan Batik Jember Pemkab Cetuskan Gerakan Jember Membatik

Kerajinan batik yang berasal dari Kota Jember, membuat pemerintah daerah setempat menggagas Gerakan Jember Membatik. Langkah ini sebagai bentuk upaya mempromosikan Batik Jember agar lebih dikenal oleh masyarakat. Sebagai tindak lanjut gerakan tersebut, Pemkab Jember akan mendorong semua dinas terkait untuk terus mendampingi usaha batik yang baru tumbuh maupun yang tengah berkembang. Bahkan, Bupati dan Wakil Bupati siap mempromosikan langsung agar batik Jember semakin dikenal masyarakat. Upaya pemasaran keluar daerah yang akan dilakukan olehnya adalah dengan mengenakan pakaian batik Jember saat acara-acara di luar daerah.

Minimnya apresiasi terhadap batik Jember, karena selama ini aspek promosi dianggap masih lemah. Untuk itu, Pemkab Jember bertekad mendorong pengenalan batik tersebut. Sementara itu, Arum Sabil, salah satu promotor Gerakan Jember Membatik menyebut, jika batik juga merupakan karya seni. Karena dalam pembuatannya, memadukan antara peralatan, pikiran dan hati. “Sebelum mengenal batik, pemahaman awam saya mengatakan kalau membatik itu hanya pertemuan antara kain dan tinta. Ternyata, ada keikutsertaan pikiran dan hati juga,” paparnya.

Pemilik padepokan Arum Sabil ini mengapresiasi apa yang telah dicanangkan oleh Pemkab Jember. Karena menurut dia, mempromosikan batik Jember artinya juga mengenalkan Jember secara keseluruhan. Agenda Gerakan Jember Membatik ini, kemudian dianjutkan dengan pemilihan Finalis Duta Batik Jember, yang acara puncaknya akan digelar di Alun-alun Jember, 9 April mendatang.

Source http://www.jatimtimes.com/ http://www.jatimtimes.com/baca/139351/2/20160402/193240/promosikan-batik-jember-pemkab-cetuskan-gerakan-jember-membatik/
Comments
Loading...