Produk Kearifan Lokal Batik Garutan

0 54

Produk Kearifan Lokal Batik Garutan

Ditengah perkembangan dan persaingan trend mode busana sekarang ini, Batik Garutan hingga kini masih bertahan dan tidak pernah termakan jaman. “Batik garutan yang merupakan bagian dari kearifan lokal khas kabupaten Garut ini masih mampu menunjukan kualitasnya, bahkan masuk ke dalam berbagai strata sosial masyarakat,dari kalangan masyarakat elit, hingga masyarakat kelas bawah. Batik garutan tetap dicintai,” ujar pemilik Galleri SHD (Saha Deui) Agus Sugiarto. Galleri batik Garutan SHD  yang berdiri  sejak tahun 1974 dan mulai dikenal serta dikembangkan padatahun 1985 tersebut hingga kini masih bertahan bahkan memiliki segmentasi pasar bukan hanya ditingkat lokal, tetapi sudah menembus pasar Nasional bahkan Mancanegara seperti Myanmar.

Peminatnya bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa, tetapi sudah lebih banyak di gunakan oleh kalangan birokrasi baik untuk acara formil maupun non formil. Dibagian lain,Setidaknya, ada empat motif batik garutan yang saat ini diproduksi,dengan paduan warna yang memiliki ciri khas batik garutan seperti warna coklat yang diartikan tanah subur dan juga biru seprti halnya warna pegunungan. Batik Garutan memiliki  design khusus di sesuaikan selera pasar, yang peminatnya bisa dari kalangan anak muda hingga orang tua.

Salah satu batik garutan yang memiliki kualitas tinggi, diantaranya batik tulis garutan yang memiliki harga terendah Rp. 850 ribu hingga Rp. 1,7 juta. Dengan kombinasi warna biru,gading dan warna soga yang merupakan motif warna yang dipertahankan hingga saat ini harga Batik Tulis Garutan bisa menembus Rp1,7 juta per piecesnya. Sedangkan menurut Agus ,untuk asfek pemasarannya, para pengrajin batik garutan yang dibuat hand mad tersebut,terbantu oleh berbagai kegiatan pameran yang digelar Pemkab Garut.

Source http://www.rri.co.id/home.html http://www.rri.co.id/post/berita/470509/ekonomi/produk_kearifan_lokal_batik_garutan_tembus_pasar_mancanegara.html
Comments
Loading...