Presiden Jokowi Minta Batik Salem Brebes Dikembangkan

0 23

Presiden Jokowi Minta Batik Salem Brebes Dikembangkan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI meluncurkan program Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON). Kabupaten Brebes merupakan satu dari lima daerah dilaksanakannya program itu. IKKON merupakan program yang menempatkan sekelompok pelaku ekonomi kreatif berlatar belakang profesi berbagai subsektor pada satu wilayah untuk berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi bersama dengan potensi kreatif lokal.

IKKON bertujuan mengembangkan potensi kreatif lokal berupa kain. Selain batik, Indonesia juga memiliki kain tradisional lainnya yang juga menarik dan bisa digiatkan menjadi pengembangan ekonomi kreatif. “Program IKKON dilaksanakan di lima tempat. Di Brebes, kami menggarap batik Salem karena ini pesanan Pak Jokowi dan mendapatkan perhatian khusus agar batik tersebut dapat dikembangkan dan dikenal,” kata Ketua Tim IKKON Bekraf wilayah Brebes, Sylvie Arizkiany Salim.

Empat daerah selain Brebes yakni Sawahlunto, Sumatera Barat dengan kain tenun, Lampung (kain tapis), Lasem Kabupaten Rembang (batik), dan Ngada, Flores dengan tenunnya. Menurutnya, proses penempatan IKKON ini bertujuan untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan dengan pengrajin lokal di Kecamatan Salem. Proses saling belajar ini, kata dia, diharapkan berdampak positif bagi munculnya karya-karya atau produk-produk baru yang memiliki nilai tambah, tanpa menghilangkan keunikan ciri-ciri lokal yakni khas Brebesan.

Saat tim tiba di Salem pada Juni, mereka menemukan sejumlah pengrajin lokal, bukan hanya batik. Ada pengrajin keramik, perahu, dan kerajinan dari bahan baku daun pandan. “Dari beberapa pengrajin itu, kami menciptakan karya kombinasi antara pengrajin satu dengan lainnya. Misalnya, kami membuat sarung bantal dengan bahan kain bermotif batik Lasem dan kerajinan daun pandan,” papar perempuan berprofesi sebagai desainer interior itu. Anggota tim berjumlah 12 orang yang berlatarbelakang berbagai disiplin ilmu, diantaranya, desainer interior, ilustrator, desainer produk, arsitek, desainer fesyen dan lain-lain.

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2016/10/21/presiden-jokowi-minta-batik-salem-brebes-dikembangkan
Comments
Loading...