Prajnaparamita Indonesian Batik, Mengenal Motif Batik Samahita Sanjaya

0 23

Prajnaparamita Indonesian Batik, Mengenal Motif Batik Samahita Sanjaya

Motif batik ini adalah batik kontemporer, namun tetap menggunakan warna klasik sebagai acuan untuk tidak meninggalkan pakem batik klasik pada umumnya. Kombinasi sogan Solo dan hitam khas warna batik klasik masih melekat kuat dengan karakter batik tersebut.

Batik tersebut dibuat oleh maestro batik di Desa Batik Girilayu dan pewarnaan juga oleh salah satu produsen batik yang sudah cukup terkenal di dunia persilatan batik yaitu Mas Yudi. Batik ini dibuat eksklusif dan berkualitas premium. Belum lagi batik tersebut hanya dibuat satu di dunia ini.

Sekarang kita menuju ke motif yang ada di dilukiskan dalam batik tersebut. Di dalam motif tersebut menggambarkan motif alas-alasan yang identik dengan daun dan bunga kecil yang dihiasi dengan burung cendrawasih. Dipadukan dengan warna gelap membuat batik tersebut terlihat klasik dan elegan.

Meskipun termasuk batik kontemporer batik tersebut lebih memiliki kesan klasik dalam motifnya. Tidak menghilangkan pakem dan ketelitian dalam motifnya. Batik dengan karakter Solo ini memberikan warna sogan yang tidak cerah namun tetap terlihat dominan.

Setelah fisiknya sudah kita ungkap, kita masuk ke dalam filosofi batik tersebut.

Dimulai dari namanya Samahita Sanjaya, yang berarti diharapkan pemakai batik ini diberkahi dengan kejayaan dan selalu teguh untuk mencapai tujuan hidupnya. Selain itu juga melambangkan kesetiaan baik dalam hubungan asmara maupun dalam pekerjaan.

Beralih filosofi motifnya, motif alas-alasan dapat diartikan bahwa sebagai manusia hendaknya kita mampu berinteraksi dengan makhluk hidup yang lain dan memiliki perhatian dengan lingkungan sekitarnya. Serta memberikan image bahwa sang pemakai mampu menempatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sedangkan motif burung, seperti dikutip dari makna motif burung garuda, bahwa manusia memiliki cita-cita dan pengharapan yang sangat tinggi, untuk itu diharapkan sang pemakai mampu meraih cita-cita yang ditujunya dan mampu menggapainya meskipun setinggi langit.

Sedangkan warnanya, motif batik solo memiliki warna sogan yang dapat kita artikan memiliki jiwa yang kalem dan rendah hati. Tahu tata krama dan unggah-ungguh kepada sesama manusia. tidak meninggalkan budaya Jawa yang adiluhung dalam setiap langkah kehidupannya.

Batik ini cocok untuk dipakai sebagai kombinasi kebaya ataupun beskap. Atau juga bisa dijadikan baju barik yang elegan dan nyaman dipakai. Selain itu bisa menjadi kado untuk orang yang tersayang, tidak ada kan yang memberikan kado kain batik pada orang yang disayanginya.

Belum lagi berbagai pengharapan dan filosofi yang baik yang ditanamkan dalam batik tersebut. Bagi kalian yang percaya, di setiap motif batik pasti memiliki sebuah karakter tersendiri tergantung pada pemakaiannya. Batik ini juga cocok untuk dijadikan koleksi dan sebagai warisan kisah yang nantinya bisa kalian ceritakan kepada anak cucu kalian nantinya.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/04/29/prajnaparamita-indonesian-batik-mengenal-motif-batik-samahita-sanjaya/
Comments
Loading...