Potensi Batik Tulis Bakaran Pati Terus Digenjot

0 144

Potensi Batik Tulis Bakaran Pati Terus Digenjot

Industri Batik Bakaran menjadi ciri khas dari kabupaten Pati terus menggeliat, meski diterpa gempuran produk tekstil batik cetak maupun print yang bercorak Batik Bakaran. Batik yang bercirikan warna yang kuat ini bukan hanya diminati kalangan tua namun juga oleh kalangan anak muda. “Untuk menjadikan Batik Bakaran selalu diminati masyarakat kami juga berinovasi terus dan mengembangkan model untuk batik, di antara model batik yang baru adalah kawung nganggur, bunga setaman, sekar peksi dan burung gemek” ujar Andreas Agus Wibawa, Ketua Asosiasi Batik Tulis Bakaran Canting Mas Pati.

Harga dari batik tulis Bakaran juga relatif terjangkau mulai Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 bergantung bahan dan kerumitan motif. Nilai yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan batik tulis yang telah moncer seperti batik Lasem, Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan ini seharusnya menjadi celah untuk mengangkat potensi batik Pati bukan hanya di tataran nasional namun juga internasional.

Pemkab Pati melalui Disperindag juga antusias untuk memasyarakatkan produk khas Pati ini kepada masyarakat dengan membuat pasar khusus cindera mata dan Produk unggulan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Pati yang terletak di pasar Pragola, yang beralamat di Jalan Raya Pati – Kudus Km. 6 Margorejo Pati.  Batik tulis Bakaran merupakan warisan budaya yang turun temurun diwariskan oleh penduduk desa Bakaran. Keahlian membatik ini telah dikuasi oleh masyarakat setempat sejak era kerajaan Majapahit.

Source http://koran-sindo.com/ http://koran-sindo.com/page/news/2016-10-05/5/119/Potensi_Batik_Tulis_Bakaran_Pati_Terus_Digenjot
Comments
Loading...