Potensi Batik Jepara

0 237

Potensi Batik Jepara

Batik yang berasal dari daerah Jepara dikenal dengan sebutan Batik Motif Kartini yang memiliki pola lunglungan bunga yang sering terlihat pada ukiran kayu khas Jepara. Pada masa lalu seni batik di daerah Jepara ini pernah dipamerkan di Pameran Karya Wanita di Den Haag. Pada masa itu yang dikirim oleh Kartini salah satunya adalah kain batik, proses dan juga cara membuat batik serta peralatan batik yang dipakai. Hal ini diceritakan oleh Hadi Priyanto yang juga merupakan seorang ketua lembaga Pelestarian Seni Ukir, Batik dan Tenun Jepara. Tulisan Kartini ini kemudian dikenal menjadi salah satu bagian yang penting dari buke kesenian batik di Hindia Belanda dan Sejarahnya yang ditulis oleh GP Rouffaer dan DR H Juijnbool.

Pada zaman dulu Kartini juga memiliki beberapa murid dalam seni batik yang diberikan ilmu batik secara khusus oleh beliau sambil juga membina para seniman ukir. Dalam rangka mencari batik khas Jepara ini maka ketika Hari Batik Nasional maka di wilayah pendopo rumah dinas Wakil Bupati Jepara maka dilakukan lomba menggambar Motif Batik khas yang diikuti oleh para pelajar SLTA dan dilakukan juga pameran batik. Pada kesempatan dan dan pameran batik tersebut juga dilaksanakan peragaan membuat batik. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Jepara yang ditandai dengan melakukan coretan pertama pada kain yang nantinya akan diberi Motif Batik.

Bupati Jepara mengharapkan agar berbagai potensi lokal Jepara dapat terus didorong agar dapat maju dan dapat menembus pasar internasional. Dalam hal ini perlu dilakukan peningkatan daya saing oleh produk daerah yang mereka ciptakan dan juga sekaligus melakukan promosi. Hal ini merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara bersama oleh para seniman batik dan juga pemerintah di daerah Jepara ini. Dengan menjaga dan terus meningkatkan potensi lokal khas Jepara ini, maka diharapkan berbagai potensi yang dimiliki oleh kabupaten Jepara ini dapat bersaing dengan daerah lain.

Source Potensi Batik Jepara Batik
Comments
Loading...