Pola Unik Batik Cirebon

0 85

Pola Unik Batik Cirebon

Berkembangnya batik Cirebon merupakan motif batik dengan ragam corak dan juga warna batik yang mendapatkan pengaruh dari kebudayaan masyarakat asing. Berbagai macam pola batik di daerah ini pada mulai memiliki corak dan juga warna yang tidak banyak. Selain itu dengan adanya larangan batik bagi masyarakat luas membuat batik tidak terlalu berkembang dengan pesat. Seiring dengan banyaknya pendatang dari bangsa asing di Indonesia membuat, seni baju batik di daerah pesisir ini memperoleh serapan budaya dari berbagai pendatang asing tersebut.

Para seniman batik Cirebon dipengaruhi oleh para pedagang asing dan juga penjajah yang menguasai Indonesia selama beberapa abad. Motif baju batik Cirebon yang menggunakan warna merah merupakan jenis motif batik yang pengaruhnya diperoleh dari masyarakat Tionghoa. Selain warna merah masyarakat Tionghao ini juga memperkenalkan motif batik dengan pola burung phoenix kepada masyarakat Indonesia. Pengaruh budaya yang lain juga berasal dari penjajah Belanda yang juga memiliki minat khusus terhadap seni batik yang tumbuh dan berkembang di daerah Pulau Jawa ini. Berbagai motif batik yang memperlihatkan bunga-bunga khas dari Eropa yang tidak dapat kita jumpai di Indonesia banyak berkembang dan dibuat oleh para seniman batik dimasa itu.

Selain memperkenalkan motif batik bunga yang unik seperti motif bunga tulis, para penjajah dari benua Eropa ini juga memperkenalkan motif batik yang memperlihatkan berbagai macam bentuk unik seperti gedung dan juga kereta kuda. Hal ini juga berlaku dalam warna warni batik yang muncul dalam masa penjajah tersebut seperti warna batik dengan corak biru yang merupakan jenis warna yang sangat disukai oleh para masyarakat Eropa ini. Sementara itu motif batik tradisional tetap mempertahankan corak yang ada pada kainnya karena corak tersebut memiliki makna yang khusus dan pada umumnya merupakan kain batik yang dipakai dalam upacara adat masyarakat daerah ini. Motif dan corak batik tersebut memiliki makna dan juga perlambang khusus masing-masing.

Source Pola Unik Batik Cirebon Pola Batik
Comments
Loading...