Pola Khas Batik Gumelem

0 199

Pola Khas Batik Gumelem

Batik yang berkembang di daerah Gumelem ini sedikit banyak memiliki pola yang mirip dengan batik di daerah Banyumas. Beberapa motif batik dapat memperlihatkan kemiripan antara dua Motif Batik ini. Pola dan corak batik yang saat ini ada di daerah Gumelem ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Kelompok pertama adalah para seniman batik yang membuat motif batik dengan pola klasik. Batik dengan pola klasik ini mirip dengan batik Banyumas dan juga batik keraton yang warna Motif Batiknya sering terlihat berwarna cokelat, hitam dan juga putih.

Para seniman batik yang masih membuat pola Batik Klasik ini pada umumnya para seniman batik yang telah berusia lanjut, mereka tergolong seniman batik yang sangat suka membuat pola yang detail, berpegang pada pakem dan juga seni batik yang mereka buat sangat halus dan dibuat pada dua sisi kain.

Proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga ketelatenan yang sangat tinggi. Umumnya Motif Batik Klasik dari Gumelem ini dijual dengan harga yang relatif tinggi dan memang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas. Salah satu ciri lain dari Batik Tulis Gumelem ini adalah produk batik yang mereka buat murni merupakan batik tulis dan tidak dicampur dengan teknik batik lainnya.

Motif Batik Klasik dari Desa Gumelem ini sangat banyak jumlahnya dan bahkan bisa mencapai puluhan jenis motif. Beberapa Motif Batik khas dari daerah Gumelem ini adalah Motif Batik Pring Sedapur, Motif Batik Gajah Uling, Motif Batik Sungai Serayu, Motif Batik Udan Liris, Motif Batik Jahe Serimpang, Pola Sido Mukti, Grinting, Motif Galaran, Corak Batik Buntelan, Pola Batik Sidoluhur, Motif Batik Ukir Udar, dan masih banyak lagi lainnya.

Source Pola Khas Batik Gumelem Batik
Comments
Loading...