Pola Khas Batik Batang

0 178

Pola Khas Batik Batang

Ketika para seniman batik di kota ini membuat batik dengan pola cap, maka proses yang dilalui dapat disebut sebagai proses yang cukup sederhana karena dalam proses ini tidak terlalu rumit dalam tahapan pembuatan Motif Batik. Seniman batik di kota ini dalam membuat pola yang ditutupi oleh lilin malam hanya perlu menempelkan canting cap di permukaan kain dan akan diperoleh Motif Batik yang diinginkan oleh para pembuat batik ini.

Proses selanjutnya setelah kain batik tersebut penuh dengan motif, akan dilakukan proses yang sama dengan proses batik tulis. Batik Batang ini menjadi berbeda dengan Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat kota lain bukan hanya dalam proses pembuatannya saja. Batik khas Kota Batang ini memiliki pola dan juga ciri yang unik yang memiliki bentuk khas. Berbagai pola batik unik ini merupakan sebuah gambaran dari nilai budaya dan juga seni tradisi yang ada dalam kehidupan masyarakat lokal kota Batang. Sesuai dengan lokasi kota ini berada, batik batang masuk dalam wilayah batik pesisir.

Lokasi wilayah Kabupaten Batang terletak dalam wilayah pesisir utara Pulau Jawa di bagian barat provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini pada masa lalu merupakan daerah yang memiliki hubungan perdagangan yang batik dan juga pada umumnya masyarakat daerah ini melakukan pekerjaan sebagai nelayan. Daerah pesisir pantai ini juga terkenal dengan pengaruh Islam yang sangat kuat sehingga membuat kebudayaan Jawa yang khas. Kebudayaan ini dikenal dengan sebutan kebudayaan pesisiran. Daerah Batang ini pada zaman dahulu merupakan daerah pelabuhan sehingga menerima banyak budaya asing juga dalam kesehariannya. Hal ini lah yang membentuk pola dan juga Motif Batik khas Batang yang unik.

Source Pola Khas Batik Batang Batik
Comments
Loading...